Panwascam Dilantik, HMR: Bekerjalah dengan Amanah, Jaga Kepercayaan Rakyat

Kabar Baik dari Batam

Panwascam Dilantik, HMR: Bekerjalah dengan Amanah, Jaga Kepercayaan Rakyat

2 min read

Pagi tadi, Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menghadiri pelantikan an 36 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Kepada mereka dia berpesan agar bisa menjaga kepercayaan masyarakat.

“Bapak ibu sudah dipercaya, jagalah kepercayaan itu. Bekerjalah dengan amanah!” tegasnya saat memberi sambutan pada pelantikan panwascam di Hotel Pacific Palace, Jodoh, Senin (23/12/2019).

Menurutnya, sebagai umat beragama, semua perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban di hari akhir nanti.

“Kita semua beragama. Setiap agama mengajarkan bahwa apa yang diperbuat harus bisa mempertanggungjawabkannya. Maka kita ingat itu, jangan lupa. Besok di akhirat akan ditanya,” ingatnya.

Selanjutnya HMR meminta Panwascam segera bekerja. “Partner panwascam adalah camat. Maka segeralah berkoordinasi. Karena koordinasi ini penting demi kelancaran pelaksanaan pemilihan,” tutupnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam berpesan kepada 36 panitia pengawas kecamatan (panwascam) agar mengaktifkan telepon atau HP-nya setiap saat. Ini bertujuan agar mudah dalam koordinasi ketika ada suatu kejadian.

“HP 24 jam on kalau jadi panwascam. Supaya ketika ada apa-apa bisa di-handle (ditangani) langsung,” pesan Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza usai pelantikan.

Ia juga berharap agar panwascam komitmen untuk bekerja secara berpatutan. Pelantikan ini merupakan permulaan. Tahapan-tahapan berikutnya akan lebih memakan waktu.

“Tak boleh setengah-setengah. Kalau setengah-setengah silakan datang ke ruangan saya untuk mengundurkan diri,” ingatnya.

“Saudara-saudara sudah bersumpah untuk komitmen penuh melakukan pengawasan di tingkat kecamatan masing-masing. Dari 150 peserta, 36 yang dilantik hari ini adalah yang terbaik. Komitmen laksanakan tugas demi negara,” ujarnya.

Menurutnya lebih dari 50 persen panwascam ini adalah orang baru. Tapi mereka berpengalaman sebagai pengawas di tingkat kelurahan, juga ada yang pernah menjadi panitia pelaksana kecamatan (PPK), atau panwascam di periode sebelum-sebelumnya.

“Karena itu saya harap teman-teman sekalian rajin membaca lagi. Karena undang-undang Pilkada dengan undang-undang Pemilu berbeda,” pesannya.

Tugas panwascam setelah pelantikan ini adalah silaturahmi dengan kecamatan, polsek, dan koramil masing-masing. Karena saat pelaksanaan nanti akan bekerja secara bersama-sama.

“Nanti juga teman-teman akan merekrut PPL (panitia pengawas lapangan) jadi harus koordinasi dengan camat untuk sosialisasi ke kelurahan. Awal tahun KPU akan rekrut PPK. Harus diawasi dengan ketat,” pesannya. ***
———–
Sumber: Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.