Wow! UKM Perikanan Miliki Ribuan Usaha, 1 Lembaga Keuangan dan Aset Miliaran Rupiah

Kabar Baik dari Batam

Wow! UKM Perikanan Miliki Ribuan Usaha, 1 Lembaga Keuangan dan Aset Miliaran Rupiah

2 min read

Pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di bidang perikanan di Kota Batam menunjukkan keberhasilan. Buktinya, sudah banyak kelompok karya yang berhasil dibangun. Bahkan sudah punya lembaga keuangan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini usai menemani Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan untuk nelayanan dan bantuanperalatan olahraga untuk masyarakat, di Aula Lantai IV Kantor Walikota, Jumat (27/12/2019).

Adapun, keberhasilan ini ditunjukkan dengan adanya 687 Kelompok Usaha Bersama, 252 Kelompok Budidaya Perikanan dan 135 Kelompok Pengolahan dan Pemasaran.

Selain itu di bawah binaan Dinas Perikanan Kota Batam juga telah ada 1 lembaga keuangan mikro berupa tabungan nelayan dengan aset Rp3,8 miliar dan gerai nelayan dengan aset Rp3,4 miliar.

Terkait bantuan sarana dan prasarana tersebut, Husnaini berharap para nelayan bisa merawat, dan memanfaatkannya, sehingga berdaya guna dan dapat meningkatkan usaha perikanan di Kota Batam.

“Dengan demikian bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, pembudidaya ikan serta pengolah dan pemasar ikan,” terangnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Hendriana Gustini mengatakan, pemberian bantuan dari Pemerintah Kota Batam untuk insan olahraga bisa dijaga sebaik-baiknya dan dimanfaatkan, sehingga bisa lebih mandiri.

Tak hanya itu, bantuan peralatan olahraga tadi dapat menciptakan dan menjadi wadah bagi generasi muda, pemuda dan atlet olahraga untuk lebih berprestasi.

”Masyarakat yang menerima bantuan peralatan olahraga ini merupakan masyarakat yang mengusulkan melalui kegiatan Musrenbang, Pokok Pikiran Anggota DPRD serta usulan masyarakat yang disampaikan kepada kami melalui proposal,” kadis perempuan ini.

Seperti diketahui, Pemko Batam menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan untuk nelayanan dan bantuan peralatan olahraga untuk masyarakat, Jumat (27/12/2019) di ruang Aula Lantai IV Kantor Walikota.

Bantuan ini dianggarkan melalui APBD Kota Batam Tahun 2019 dan secara simbolis diserahkan Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR), Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), dan Sektetaris Daerah Kota Batam H Jefridin. ***
——
Foto bersama Walikota Batam H Muhammad Rudi dengan penerima bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.