Tinjau Lokasi Tanah Ambles Belakang Pasar Induk Jodoh, HAM Langsung Bantu Korban

Kabar Baik dari Batam

Tinjau Lokasi Tanah Ambles Belakang Pasar Induk Jodoh, HAM Langsung Bantu Korban

1 min read

WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), Senin (30/12/2019) siang tadi meninjau warga yang menjadi korban amblesnya tanah di belakang Pasar Induk Jodoh, Batam.

Setidaknya lebih 83 rumah warga rusak akibat akibat musibah yang terjadi Minggu (29/12/2019) di pagi buta, sekitar pukul 04.00 WIB lalu.

Kedatangan HAM ke lokasi sempat mengejutkan para korban yang saat itu sedang berkumpul di depan tenda yang menjadi posko tanggap bencana.

Kebetulan saat itu sedang ada penjelasan dari petugas Dinas Sosial untuk para korban.

Tanpa ragu, HAM pun ikut duduk bersimpuh di alas terpal bersama para korban di sana yang umumnya ibu rumah tangga.

“Beberapa saat usai kejadian, Pemko Batam langsung membangun posko untuk menyiapkan dapur umum dan tenda penampungan sementara,” jelas suami Hj Erlita Sari Amsakar ini.

Sebelumnya HAM juga sudah perintahkan Dinas Sosial Pemko Batam bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), Camat serta lurah setempat, melakukan tindakan pertama.

Yang paling dulu didirikan adalah posko, dapur umum dan tenda penampungan.

“Selanjutnya Asisten Pemerintahan (Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam Yusfa Hendri) saya minta memfasilitasi warga dengan pihak perusahaan, guna mencari solusi penyelesaian warga terdampak musibah ini,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tanah timbunan setinggi 30 meter berada di belakang Pasar Induk Jodoh ambles dan membuat rumah di sekitarnya rusak parah.

“Saat kejadian terasa kayak gempa, banya roboh kemudian saat itu juga mati lampu,” sebut Oyong yang ditemui di TKP, sebagaimana dilansir Tribunnews Batam, Minggu (29/12/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.