Bangga Pakai Batik Marlin, UAS: Jangan Pulang Sebelum Beli Batik Batam

Kabar Baik dari Batam

Bangga Pakai Batik Marlin, UAS: Jangan Pulang Sebelum Beli Batik Batam

2 min read

USTAD Abdul Somad (UAS) bikin kejutan, saat memberi tausyah di acara Indonesia Bertasbih di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, menyambut malam tahun baru 2020, Selasa (31/12/2019). Apa itu?

Rupanya baju yang dikenakannya adalah batik Batam motif ikan marlin (disebut juga batik marlin).

Hal ini diakuinya di sela-sela ceramah agama yang disiarkan langsung TV One ke serata Indonesia itu.

Saat itu ustad yang baru saja mendapat gelar doktor bidang hadis dengan predikat cumlaude ini, menyinggung soal mencari nafkah yang baik. Di antaranya mencari ikan.

“Kenapa ustad tiba-tiba ingat mencari ikan? Karena di tepi laut? Karena di pulau? Bukan. Karena bajunya gambar ikan,” jelasnya, sambil melihat ke motif baju batik dominan warna hitam yang dikenakannya.

Sambil tersenyum, UAS pun memperkenalkan bajunya tersebut. “Ini batik Batam. Yang datang malam ini dari luar kota, jangan pulang sebelum mendapatkan (beli) batik Batam,” jelasnya kepada sekitar 50 ribu jemaah yang hadir.

“Hasilnya… Hasil bisnisnya, hasil dagangnya, pakai untuk membuat sekolah Tahfiz Quran,” anjurnya.

Batik marlin adalah varian dari batik Batam yang diciptakan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Deskranasda) Kota Batam Hj Marlin Agustina Rudi sejak 2018 lalu.

Batik ikan marlin menjadi batik khas Batam. Sebab, ikan yang memiliki sirip punggung tegak seperti layar perahu dengan moncong seperti tombak ini banyak hidup di perairan Batam dan miliki banyak manfaat bagi kesehatan.

โ€œKalau Kepri dikenal Batik Gonggongnya. Kalau Batam nanti ikan marlin, karena ikan ada di mana-mana di perairan Kepri,โ€ jelasnya.

Batik marlin ini pun selalu diperkenalkan dan dipentaskan melalui event Batam Batik Fashion Week yang memamerkan hasil perajin batik dan desainer Batam. acara yang dikemas dengan fashion show busana hasil kolaborasi pembatik dan desainer Batam benar-benar memuaskan.

Dengan melibatkan perajin dan desainer Batam, kegiatan ini juga berhasil menggaet sejumlah wisatawan mancanegera (Wisman) yang penasaran dengan kreasi Batik Batam, Kepri yang mayoritas dikenal dengan ikan marlin.

โ€œYang ditampilkan merupakan hasil dari perajin batik dan desainer Batam. Termasuk pakaian yang saya pakai yakni Batik Ikan Marlin. Kebetulan namanya sama dengan saya. Dan semua ini yang saya gunakan adalah buatan anak Batam,โ€ jelas Marlin saat pertama kali mengenalkan batik kreasinya itu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.