Jaga Hasil Pembangunan, HMR Maksimalkan Peran Satpol PP hingga ke Kecamatan

Kabar Baik dari Batam

Jaga Hasil Pembangunan, HMR Maksimalkan Peran Satpol PP hingga ke Kecamatan

2 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) meminta Kepala Satpol PP yang baru, Salim, menggerakkan personelnya untuk mengawasi lokasi yang sudah dibangun Pemerintah Kota Batam.

“Bagi habis personelnya ke titik-titik pembangunan. Supaya yang dibangun bermanfaat sesuai fungsinya. Misalnya trotoar, tidak dipakai untuk berdagang,” kata HMR dalam apel perdana pegawai Pemko Batam tahun 2020 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (2/1/2019).

Ia ingin tahun ini Satpol PP meminimalisir kegiatan penindakan, dan lebih mengedepankan upaya preventif. Yakni mencegah pelanggaran sebelum mulai menjamur dan merusak tatanan kota.

Dalam upaya pencegahan ini juga perlu peran Satpol PP yang ditugaskan di kecamatan. Patroli Satpol PP kecamatan harus ditingkatkan.

Pada apel tersebut Rudi juga berpesan kepada Camat untuk memberdayakan Satpol PP yang sudah ditugaskan di kecamatan masing-masing.

Kendaraan operasional yang dibagikan sebelumnya agar digunakan untuk patroli Satpol PP. Bukan dipakai oleh pejabat kecamatan.

Apabila camat tidak sanggup melaksanakan ini, tegas HMR, personel Satpol PP yang di bawah kendali operasi (BKO) kecamatan akan dikembalikan ke satuannya. Termasuk kendaraan operasional yang sudah dibagikan dulu akan ditarik ke Satpol PP.

Usai upacara, Kepala Satpol PP Batam, Salim mengatakan akan meningkatkan pemantauan bangunan yang langgar aturan, sebagaimana arahan pimpinan. Termasuk bangunan di tepi jalan yang baru dilebarkan dan bangunan di atas drainase.

“Apa saja yang melanggar ketentuan akan kita tindak. Kita berkoordinasi dengan masing-masing kecamatan. Seperti, yang di Tiban III kemarin ada bangunan di atas ROW. Kita minta bongkar dan mereka bongkar sendiri,” kata dia.

Salim menyebutkan, penindakkan yang dilakukan Satpol PP sebagai upaya untuk mendukung tatanan Kota Batam yang saat ini tengah membangun. Ia juga mengimbau kepada masyarakat jangan lagi mendirikan bangunan liar di lokasi yang dikembangkan Pemko Batam.

“Ini sebagai tindakan antisipasi. Kita tetap pantau di lapangan. Jangan sampai sudah diperingatkan tapi kembali lagi,” tegas mantan Kepala Dinas Kominfo ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.