Ragam Sebutan Martabak Manis

Kabar Baik dari Batam

 Ragam Sebutan Martabak Manis

1 min read

DI PAGI akhir pekan ini, kita bahas yang ringan-ringan saja yuk. Biar santai sikit. Kali ini kami akan mengulas tentang ragam sebutan kue martabak manis.

Lain lubuk lain ikannya, lain daerah lain bahasa. Demikian orang menyebut kue legit berlapis kelezatan yang fenomenal ini.

Dikutip dari fimela.com, nama asli makanan ini adalah Hok Lo Pan yang bermakna kue orang Hok Lo. Kue ini kemudian semakin dikenal masyarakat luas hingga ke luar kota Bangka.

Akhirnya, banyak orang menyebutnya sebagai kue rembulan atau terang bulan karena berbentuk bulat dan berwarna kuning.

Awal diciptakannya, taburan untuk martabak ini hanya berupa gula dan wijen sangrai. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman, taburan untuk martabak semakin bervariasi.

Seiring waktu, kue ini kian masyhur sehingga banyak sebutan. Di Jakarta dan Bandung orang menyebut makanan ini dengan sebutan martabak manis dan asin. Di Semarang dan sekitarnya ada yang menyebutkan dengan sebutan kue Bandung.

Di Medan, orang-orang menyebut kue ini dengan sebutan martabak Bangka. Sedangkan di Pontianak orang menyebutkan sebagai apam pinang. Di beberapa daerah lain kue ini disebut dengan sebutan kue terang bulan atau rembulan (lihat gambar).

Hmmm… Pagi pagi bahas makanan, jadi lapar nih. Sarapan yuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.