Sudah 80 Persen Renovasi Museum Batam Selesai

Kabar Baik dari Batam

Sudah 80 Persen Renovasi Museum Batam Selesai

2 min read

PROGRES revitalisasi Museum Raja Ali Haji sudah mencapai 80 persen. Bila usai nanti maka sudah siap menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.

“Sudah sampai 80 persen. Proses revitalisasi sudah dilakukan sejak bulan lalu (November),” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata di Batam Centre, Kamis (2/1/2019).

Revitalisasi, katanya, dimulai dengan perbaikan plafon gypsum lantai satu. Kemudian, perbaikan lantai parkir yang rusak. Selanjutnya perbaikan pintu, dinding, serta pelapisan ulang HPL serta memasang pendingin ruangan (AC).

“Memang ada beberapa titik kita perbaiki. Kami juga sudah mempersiapkan ‘standing sign’ Museum Raja Ali Haji dalam waktu dekat. Karena tulisan Astaka MTQ sudah kita cabut,” katanya.

Ardi mengatakan, revitalisasi gedung bekas Astaka MTQ memang perlu perbaikan. Karena jarang digunakan. Namun, lokasi ini selalu menjadi incaran wisatawan jika melewati Dataran Engku Putri Batam Centre.

“Karena tempatnya juga strategis, ramai dan sering digunakan untuk swafoto. Makanya, kami manfaatkan gedung ini,” jelas mantan Kabag Humas Sekdako Batam itu.

Sementara untuk koleksi untuk mengisi museum sebut Ardi, sudah ada. Meski, belum sepenuhnya lengkap. Sebagai dinas yang bertanggungjawab, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kelurahan, Kecamatan, dan tokoh masyarakat terkait koleksi yang ingin disumbangkan.

“Secepatnya, kami a ingin museum ini dilaunching. Sembari melengkapi isinya,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Fitra Arda sudah meninjau museum yang berlokasi di Dataran Engku Putri.

Tahun ini, sambung Fitra, Direktorat PCBM mengucurkan dana sekitar Rp 500 juta untuk revitalisasi Museum Raja Ali Haji. Anggaran ini digunakan untuk perbaikan gedung bekas Astaka MTQ 2014 lalu.

“Saya berharap jika nantinya dibuka untuk umum. Tentunya ini akan menarik untuk dikunjungi masyarakat, wisatawan nusantara hingga mancanegara,” katanya. ***
———
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.