Batam Menuju 1 Juta Teus

Kabar Baik dari Batam

Batam Menuju 1 Juta Teus

2 min read

MASALAH Pelabuhan Batuampar begitu kompleks. Alurnya dangkal. Kapal-kapal kargo ukuran besar tak bisa masuk. Ongkos angkut barang untuk ekspor dan impor pun mahal. Padahal, pelabuhan ini yang terbesar di Batam.

Pelabuhan Batuampar hanya punya kapasitas 350 ribu Twenty Foot Equivalent Units (TEUs). Bandingkan dengan pelabuhan negeri tetangga Singapura, yang pelabuhannya berkapasitas 65 juta TEUs.

Bertahun-tahun pulalah pelabuhan ini coba dibangun. Namun, meski walikota sudah berganti berkali-kali, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam pun juga berganti berkali-kali, Batam tak kunjung memiliki pelabuhan ekspor impor memadai.

Itu sebabnya, BP Batam menggandeng Pelindo II untuk merevitalisasi Pelabuhan Batuampar tersebut. Targetnya, menaikkan kapasitas pelabuhan tiga kali lipat. Dari 350 TEUs menjadi 1 juta TEUs.

“Jadi hari ini (kemarin) kami kerjasama dengan Pelindo II, dan nantinya Pelindo II akan melakukan konsorsium dengan Pelindo I dan Persero Batam,” kata Kepala BP Batam HM Muhammad Rudi (HMR) usai penekenan Head of Agreement (HoA) dengan Pelindo II untuk memulai revitalisasi Pelabuhan Batuampar di Gedung Marketing Centre BP Batam, Selasa (7/1/2020).

Penekenan HoA dilakukan langsung oleh HMR dan Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya. Rudi mengatakan penekenan HoA tesebut langkah awal untuk memulai pekerjaan di pelabuhan.

Sebagaimana surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bahwa BP Batam diminta untuk kerjasama dengan badan usaha usaha milik negara (BUMN) untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan.i

Dalam penekenan HoA tersebut, kata HMr, Pelindo II berjanji dalam waktu minimal enam bulan setelah Maret akan sudah ada perbaikan. Ia juga menjamin selama pekerjaan aktivitas bongkar muat akan tetap berjalan.

Ia juga mengimbau kepada pelaku usaha di Batam untuk tidak takut, pasalnya setelah dilakukan revitalisasi nantinya biaya pengiriman barang melalui pelabuhan dapat ditekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.