Sambut Bonus Demografi, Kesehatan Masyarakat jadi Perhatian Serius HMR-HAM

Kabar Baik dari Batam

Sambut Bonus Demografi, Kesehatan Masyarakat jadi Perhatian Serius HMR-HAM

2 min read

PADA tahun 2030-2035 Indonesia akan memiliki bonus demografi. Saat itu komposisi penduduk usia produktif mencapai 60-70 persen. Untuk itu aspek kesehatan masyarakat perlu diberi perhatian serius sejak dini.

Bonus demografi memiliki nilai positif dan keuntungan besar dari segi pembangunan bila dikelola secara profesional, karena potensi rasio beban ketergantungan penduduk akan berkurang.

Bonus demografi akan menjadi sukses jika mampu menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang maju. Agar maju, maka harus sehat.

Untuk itulah faktor kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Bahkan sejak dini. Salah satu caranya, memperbanyak berdirinya Pos Pelayanan Terpadu di Kota Batam.

“Untuk mengukur IPM (indeks pembangunan manusia), kita harus lihat kesehatan, pendidikan, baru pendapatan. Jadi kesehatan memainkan peran penting,” ujar Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), Kamis (9/1/2020) lalu.

Jauh beberapa bulan sebelumnya, tepatnya di Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tahun 2019, Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) juga sudah mengingatkan hal ini.

Saat itu HMR menitipkan pesan khusus kepada masyarakat di kota industri dan pariwisata ini akan pentingnya kesehatan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi.

Yang disampaikan HMR sejalan dengan hasil penelitian Komisi Makroekonomi dan Kesehatan beberapa waktu lalu. Di mana dalam tingkat makro, penduduk dengan tingkat kesehatan yang baik merupakan masukan (input) penting untuk menurunkan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan ekonomi jangka panjang.

Beberapa pengalaman sejarah besar membuktikan berhasilnya tinggal landas ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi yang cepat didukung oleh terobosan penting di bidang kesehatan masyarakat, pemberantasan penyakit dan peningkatan gizi.

“Nanti orang akan melihat kondisi kesehatan yang baik di Batam, sehingga kepercayaan dan kunjungan wisatawan juga meningkat,” jelas suami Marlin Agustina Rudi itu. ***
———-
Foto: Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat meresmikan Posyandu Mawar, Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar belum lama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.