Batam Tetap Jadi Penyumbang Terbesar Jumlah Wisman ke Kepri

Kabar Baik dari Batam

Batam Tetap Jadi Penyumbang Terbesar Jumlah Wisman ke Kepri

2 min read

ANGKA kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bunda Tanah Melayu ini per November 2019 mencapai 2.590.802 orang. Dari angka tersebut, 1.758.648 disumbang oleh Batam.

Jadi sampai November ini Batam menyumbang 67% terhadap jumlah kunjungan Wisman ke Kepri. Hal ini tentu tidak terlepas dari upaya Pemko Batam dalam menyiapkan infrastruktur dan even kepariwisataan (lihat tabel).

Dengan angka seperti ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata optimis target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kunjungan wisman Kota Batam tercapai.

“Insyaallah target RPJMD kita kunjungan wisman tercapai sebesar 1,9 juta orang,” kelas Kadis periang ini.

Harapan mantan Humas Pemko Batam ini cukup beralasan. Sebab, diprediksi tahun 2019 kunjungan wisman akan tembus di angka 2 juta orang.

Angka tersebut berdasar perkiraan dari BPS Batam. Karena trend di akhir tahun 2019 jumlah wisman meningkat.

“Secara wholistik kunjungan wisman ke Batam 2019 akan dirilis BPS di awal bulan Februari 2020. Intinya Batam tetap menjadi penyumbang terbesar jumlah wisman ke Kepri,” jelasnya.

Berdasarkan banyaknya kunjungan wisman ke Batam inilah, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tetap menduduki peringkat kedua terbesar di Indonesia untuk persentase tiga besar kunjungan wisatawan mancanegara, dimana Batam tetap menjadi penyumbang terbesarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar, kepada Republika menyatakan, pada periode Januari-November 2019, wisman ke Indonesia mencapai 14,9 juta kunjungan.

Dikatakannya, Kepri masih menduduki peringkat kedua terbesar di Indonesia untuk persentase tiga besar kunjungan wisman selama periode tersebut di antaranya, Bali (38,47 persen), Kepri (17,37 persen), Jakarta (15,21 persen) dan provinsi lainnya (28,95%).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, khusus bulan November 2019 ada 242,268 kunjungan wisman ke Kepri, dan 168.190 di antaranya berkunjung ke Batam.

Hal inilah yang mendorong kenaikan angka kunjungan sebesar 9,65 persen dibanding November 2018. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.