Selaraskan Pembangunan, HMR Kolaborasikan Program Pemko dan BP Batam

Kabar Baik dari Batam

Selaraskan Pembangunan, HMR Kolaborasikan Program Pemko dan BP Batam

2 min read

SEJAK Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menakhodai Badan Pengusahaan Batam, kota ini ibarat satu kapal dengan dua mesin. Pembangunan pun bisa kian laju.

Inilah yang segera dilakukan HMR dalam waktu dekat ini. Ide tadi bermula saat Walikota inovatif tersebut membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Batam 2021 di Kantor Walikota Batam, Selasa (14/1/2020).

Semula “Bapak Infrastruktur Batam” ini menjelaskan bahwa rencana pembangunan pemerintah dari pusat sampai ke daerah harus menyatu dan melengkapi. Sehingga dapat membangkitkan ekonomi Indonesia dan Batam khususnya.

Konsekuensi dari perekonomian yang tumbuh dengan baik ialah, upaya peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat mudah dilakukan.

“Ke depan semua harus menyatu. Tak ada lagi ini mau A, yang itu mau B. Ke mana arah pembangunan dibawa agar pertumbuhan ekonomi bangkit,” ujarnya.

Karena itulah, dalam waktu dekat, sambung suami Hj Marlin Agustina Rudi, akan dikumpulkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batam dengan direktur-direktur di Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Tujuannya untuk menyatukan rencana program dua instansi yang ia pimpin tersebut.

“Bersama instansi vertikal juga akan diundang. Supaya rencana pembangunan ini betul-betul matang. Kalau sudah sejalan, perwujudan visi misi bisa lebih cepat,” kata dia.

Ia mencontohkan saat ini BP Batam sedang membangun pelabuhan laut. Lantas apa yang bisa dilakukan Pemko Batam? Tugasnya melengkapi dengan membangun jalan menuju pelabuhan.

HMR mengatakan Pemko Batam memiliki anggaran sekitar Rp3 triliun. Sedangkan BP Batam berkisar Rp2,2 triliun. Apabila dua anggaran ini disatukan, pembangunan jalan bisa selesai sebelum target 2025.

“Kalau pembangunan jalan Batam sudah selesai, proses perizinan sudah mudah dan cepat, tak perlu kita promosi. Biar orang yang mempromosikan kita,” tutur HMR.

Sebelumnya disampaikan, bahwa kebijakan pembangunan Batam harus mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengan Nasional (RPJMN).

“Kebijakan pembangunan RI khususnya Batam harus mengacu pada apa yang menjadi visi misi Presiden. Dasarnya itu RPJMN 2020-2024. Itu yang jadi acuannya. Itu jadi landasan kita,” kata Walikota Terbaik Asia 2019 ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.