Beberapa Titik Kampung Tua Segera Dapat Sertifikat, HAM Yakin Semua Tuntas Tahun Ini

Kabar Baik dari Batam

Beberapa Titik Kampung Tua Segera Dapat Sertifikat, HAM Yakin Semua Tuntas Tahun Ini

1 min read

PEMERINTAH KOTA Batam optimistis proses sertifikasi beberapa kampung tua akan selesai pada tahun 2020 ini.

“Tidak lama lagi selesai. Bahkan kalau (sertifikasi) dua atau tiga kampung mudah-mudahan selesai beberapa saat lagi,” kata Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), Selasa (14/1/2020).

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus berupaya menuntaskan masalah kampung tua di Batam. Kampung tua adalah pemukiman yang sudah berdiri sebelum Otorita Batam membangun Kota Batam.

Karena sudah berdiri sebelum OB, maka sudah semestinya lahan di kampung tua dikeluarkan dari HPL BP Kawasan Batam. Dari 37 lokasi kampung tua di Batam, tiga di antaranya sudah selesai. Sertifikatnya dibagikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil beberapa waktu lalu.

“Kemarin sudah tiga titik, dikeluarkan dari HPL BP Batam,” kata suami Hj Erlita Sari Amsakar ini. Ia memastikan warga yang berada di pemukiman kampung tua tidak dikenakan Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO).

“Sama sekali tidak dibebankan UWTO. Tidak ada cap UWTO terutang karena di luar HPL BP Batam,” kata dia.

Wakil dari Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) tersebut menyatakan, selain tiga yang sudah selesai, ia belum mendapatkan laporan lokasi kampung tua mana saja yang hampir selesai untuk penyerahan sertifikat.

“Selama tidak bersentuhan dengan hutan lindung, belum pernah dikeluarkan HPL kepada pelaku usaha dan tidak ada sengketa, maka akan selesai. Sebanyak 34 ini harus diverifikasi secara cermat,” katanya. ***
_____
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.