Di UIR, Jefridin Papar Strategi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Humanity 5.0

Kabar Baik dari Batam

Di UIR, Jefridin Papar Strategi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Humanity 5.0

2 min read

SEKDA Kota Batam H Jefridin saat menjadi pembicara di Seminar Penelitian Pendidikan Regional yang ditaja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (FKIP UIR), Pekanbaru tadi pagi (Kamis, 16/1/2020).

TINGKAT partisipasi sekolah di Indonesia tinggi, namun kualitas pendidikan masih rendah. Hal ini akan menjadi masalah serius menghadapi persaingan global di masa depan.

Kenyataan ini diungkap Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin saat menjadi keynote speaker Seminar Penelitian Pendidikan Regional yang ditaja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (FKIP UIR), Pekanbaru tadi pagi (Kamis, 16/1/2020).

Dalam paparannya alumni FKIP UIR ini membawakan makalah berjudul Membudayakan Penelitian ke Arah Revolusi Industri 4.0 dan Humanity 5.0.

Di seminar yang juga dihadiri Rektor UIR Prof.Dr. H. Syafrinaldi SH, semula dia mengurai tentang rendahnya skor PISA (Programme for International Student Assessment) anak-anak didik.

Hal ini dibuktikan berdasarkan skor PISA 2015, kemampuan matematika, membaca dan sains pelajar Indonesia tertinggal jauh dari Negara tetangga dan ratarata negara OECD (Organisation for Econmic Cooperation and Development).

Pengukuran PISA bertujuan untuk mengevaluasi sistem pendidikan dengan mengukur kinerja siswa di pendidikan menengah, terutama pada tiga bidang utama, yaitu matematika, sains, dan literasi.

“Karena skornya rendah, akibatnya keahlian dasar tenaga kerja di Indonesia rendah. Sebagai perbandingan keahlian tenaga kerja lulusan pendidikan tinggi di Indonesia setara keahlian tenaga kerja lulusan SMA di Denmark,” terangnya.

Tak hanya itu, berdasarkan hasil historis PISA. penlngkatan kualltas pendldlkan Indonesia sangat lambat.

Diperkirakan Indonesia baru dapat mencapai skor rata-rata OECD pada tahun 2065.

Peningkatan skor PISA setiap pelajar menjadI rata-rata 420 atau setara Thailand saat ini akan meningkatkan 0,6% pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia selama 2020-2060 dari baseline.

Memang cukup memprihatinkan. Mengingat revolusi industri yang melanda dunia saat ini juga membawa pergeseran teknologi yang berpengaruh terhadap peluang atau jenis pekerjaan.

Contohnya saat ini, banyak jenis-jenis pekerjaan yang hilang dari muka bumi digantikan jenis-jenis pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.

Misal di antara tahun 2021-2025 saja ada beberapa jenis pekerjaan baru yang muncul. Seperti: pemeliharaan dan instalasi, ahli persuasi dan mediasi, manajer kesehatan, ahli persuasi dan mediasi, manajer kesehatan & medis, pengendali jarak jauh, analis data, analis manajemen, manajer sistem informasi & komputer, konselor vokasi. analis dampak lingkungan. ilmuwan komputer.

Adapun yang turun atau lenyap adalah: resepsionis, tukang kayu, pembuat maket dan desain 3 dimensi, pengolah semikonduktor, teller bank, travel agents, juru masak fast-food den operator mesin.

“Kalau pendidikan yang sesuai tidak dipersiapkan sejak dini, tentu akan menyulitkan anak-anak kita kelak,” jelasnya.

Dari pemaparan tersebut, Jefridin menyebut bahwa masa depan atau tantangan bidang pendidikan di era industri 4.0 semakin berat.

Karena itu harus tetap kompetitif jika mampu mengalahkan mesin (artificial intelligence). “Untuk itu, sumber daya manusia kita harus punya lnovasi, kreativitas, problem solver, dan humanity. Itulah sifat-sifat yang tidak dimiliki oleh mesin,” terang suami Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin.

Tak lupa dia mengingatkan tiga literasi yang harus dikuasai di era revolusi Industri 4.0, yakni:

Literasi Data: kemampuan untuk membaca, analisis dan menggunakan informasi (Big Data) di dunia digital.

Literasi Teknologi: Memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi (coding, artificial intelligence dan engineering principles).

Literasi Humaniora: humanities, komunikasi dan desain. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.