Hoax Berpotensi Warnai Pilkada 2020, HMR: Jangan Ikut-ikutan ya Bapak Ibu…

Kabar Baik dari Batam

Hoax Berpotensi Warnai Pilkada 2020, HMR: Jangan Ikut-ikutan ya Bapak Ibu…

1 min read

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) mengatakan berita bohong atau hoax berpotensi mewarnai Pilkada 2020.

Hal ini diingatkan komisioner KPU, Viryan Aziz, saat Focus Group Discussion (FGD) ‘Mengukur dan Menganalisa Hoax dan Ujaran Kebencian yang muncul saat dan setelah Pemilu 2019’ di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019) lalu.

Soal penyebaran hoax ini juga sempat diurai Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini dalam sebuah diskusi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta, beberapa tahun lalu.

Titi menyampaikan, setidaknya ada tiga faktor yang membuat subur munculnya hoax di media sosial, yaitu regulasi yang belum menjangkau pemberantasan hoax, pembiaran yang dilakukan oleh pasangan calon, dan lambannya respons dari lembaga penyelenggara pemilu.

Padahal, Pasal 69 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 telah menyebutkan dengan jelas larangan dalam kampanye seperti menghasut, memfitnah, mengadu domba partai politik, perseorangan dan atau kelompok masyarakat.

Mencermati fenomena tersebut, Walikota Batam pun mengingatkan masyarakatnya tentang pentingnya kehati-hatian dalam menyebarkan (share) informasi.

“Terutama di masa-masa seperti sekarang yang memasuki tahun politik,” terangnya saat meresmikan Pos Pelayanan Terpadu Nusa Indah 23, di Perumahan Jasinta, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Rabu (15/1/2020)..

Ia berharap tidak ada warga Batam yang bermasalah hukum akibat penyebaran fitnah, ujaran kebencian, dan sebagainya. “Jangan ikut-ikutan ya Bapak Ibu,” pesannya. ***
_________

“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujuraat [49]: 6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.