Indikator Program Kerja “On The Track”, HMR – HAM Terus Beri Pelayanan Terbaik

Kabar Baik dari Batam

Indikator Program Kerja “On The Track”, HMR – HAM Terus Beri Pelayanan Terbaik

2 min read

PEMERINTAH Kota Batam senantiasa berusaha menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Paling tidak, pada tujuh hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi kepala daerah.

Demikian dijelaskan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) di hadapan peserta Sosialisasi/Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah sesuai Ketentuan Permendagri 70/2019 dan Permendagri 90/2019 di Aula Kantor WaliKota Batam, Kamis (16/1/2020).

Pekerjaan rumah bagi kepala daerah menurutnya, terus-menerus mengurangi kemiskinan; terus-menerus menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak; meningkatkan kualitas pendidikan; meningkatkan kualitas kesehatan.

Kemudian menambah infrastruktur dasar, air bersih, jembatan, jalan dan lain-lain; memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

“Bukan dipersulit, tetapi harus dipermudah; serta membangun tata pemerintahan yang baik dan memberantas korupsi,” tegasnya.

Suami Hj Erlita Sari Amsakar ini mengungkap, dari hasil diskusinya dengan Kepala BPS, tujuh hal tersebut sudah dilaksanakan secara baik. “Tapi masih perlu kerja keras kita untuk meningkatkannya,” ujarnya humble.

Adapun indikator program kerja sudah berjalan baik, di antaranya angka penduduk miskin yang turun 5,11 persen.

“Pada Maret 2018 penduduk miskin di Batam tercatat 67.413 orang. Jumlahnya berkurang menjadi 66.210 orang pada Maret 2019,” jelasnya.

Kemudian lapangan kerja yang tercipta pada 2019 sebanyak 593 ribu lebih. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, sekitar 550 ribu lapangan pekerjaan.

Hal ini berbanding lurus dengan angka pengangguran yang mengalami penurunan dari 54.018 menjadi 49.564 orang.

“Artinya kebijakan yang dilakukan pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja berupa pelatihan untuk angkatan kerja sudah berjalan paralel dengan pengurangan angka pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Sedangkan di bidang pendidikan dan kesehatan, indikatornya adalah indeks pembangunan manusia (IPM) Batam yang grafiknya terus membaik dari tahun ke tahun. Terakhir, IPM Batam berada di posisi 80,54, bahkan lebih tinggi dari rata-rata nasional.

“Ini berita menggembirakan bagi kita semua,” jelas ayah yang sebentar lagi akan punya menantu tersebut.

Secara sederhana, penjelasan HAM ini bisa disimpulkan bahwa kebijakan sudah on the track (pada jalurnya). Namun ini bukan hanya kerja Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) dan H Amsakar Achmad, namun keberhasilan semua.

“Tinggal bagaimana membuat catatan keuangan jadi lebih baik. Kita tingkatkan lagi agar 2021 mendatang semua memperlihatkan peningkatan signifikan,” kata dia. ***
__________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.