Jaga Keselamatan Pengguna Jalan, Dishub Rutin Perbaiki dan Ganti Rambu Lalulintas

Kabar Baik dari Batam

Jaga Keselamatan Pengguna Jalan, Dishub Rutin Perbaiki dan Ganti Rambu Lalulintas

1 min read

PETUGAS Dishub Batam membenahi rambu lalulintas di ruas jalan Tiban dan Simpang Seiharapan.

RAMBU lalulintas adalah salah satu sarana untuk mengatur keselamatan, kelancaran, dan ketertiban lalu lintas. Karena fungsi vital inilah, Dinas Perhubungan Kota Batam rutin melakukan perbaikan maupun penggantian rambu-rambu tersebut.

Seperti yang tampak Kamis (16/1/2020), petugas dinas yang dikepalai Rustam Efendi ini melakukan pemasangan rambu di salah satu ruas jalan Batuaji-Sekupang (Temiang).

Selanjutnya Jumat (17/1/2020), personel Dishub melakukan pengawasan fasilitas lalulintas di Tiban dan Simpang Seiharapan, Sekupang, sekaligus pemasangan banner untuk menginformasikan kepada pengemudi ada penyempitan jalan di depan. Sehingga bisa berhati-hati saat di u-turn jalan baru Temiang.

Pada hari ini (Rabu, 22/1/2020) pun, petugas Dishub melakukan perbaikan rambu di Taman Baloi, dan rambu kelas jalan miring di Tiban Cipta Puri.

Rambu lalu lintas berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan atau perpaduannya. Fungsi rambu lalu lintas adalah untuk memberikan perintah, petunjuk, larangan, maupun peringatan kepada para pengguna jalan.

Secara garis besar rambu lalulintas dapat dibagi menjadi dua, yaitu; rambu lalulintas konvensional dan rambu lalu lintas elektronik.

Rambu lalu lintas konvensional adalah jenis rambu yang paling banyak ditemui. Terdiri dari daun rambu yang dapat memantulkan cahaya (retro reflektif) dan tiang rambu.

Sedangkan rambu lalu lintas elektronik adalah rambu lalu lintas dengan informasi yang dapat diubah-ubah atau diatur secara elektronik. Terdiri dari layar monitor untuk menampilkan informasi, modul atau unit kontrol, catu daya, dan tiang.

Berdasarkan jenis informasinya, rambu rambu lalu lintas terbagi menjadi rambu perintah, rambu petunjuk, rambu larangan, dan rambu peringatan. ***

PETUGAS Dishub Batam memasang rambu lalulintas di ruas jalan Batuaji-Sekupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.