Musrenbang, Seipanas Ajukan 31 Usulan, HAM Ingatkan Skala Prioritas

Kabar Baik dari Batam

Musrenbang, Seipanas Ajukan 31 Usulan, HAM Ingatkan Skala Prioritas

2 min read

MENGINGAT terbatasnya anggaran pemerintah daerah, tidak semua usulan masyarakat bisa langsung diakomodir. Untuk itu harus dipilah berdasarkan skala prioritas.

Demikian ditegaskan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Seipanas, Kecamatan Batam Kota di Kantor Lurah Seipanas, Senin (27/1/2020).

“Karena itu saya minta kepada Bapak Ibu, agar betul-betul mendiskusikan usulan itu dengan hati. Misal di sana kemaslahatannya lebih besar, yang di sini kecil saja, maka mengalahlah,” kata Amsakar.

Hal-hal seperti inilah menurut suami Hj Erlita Sari Amsakar tersebut, yang dibahas di Musrenbang setelah pendataan usulan dilakukan di pramusrenbang.

Setelah melalui diskusi, maka akan terpilih beberapa program prioritas kelurahan. Nantinya prioritas ini yang akan diajukan ke musrenbang tingkat kecamatan.

Begitu selanjutnya sampai ke tingkat kota. Sedangkan untuk kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi dan pusat, dapat diajukan ke tingkat provinsi dan nasional.

“2021, estimasi kita APBD tembus di angka sekitar Rp3 triliun. Dari Rp3 triliun itu 30 persen untuk infrastruktur, 20 persen pendidikan, 10 persen kesehatan. Sisanya hanya 40 persen. Dan 35 persennya untuk belanja tidak langsung,” paparnya.

Dari anggaran inilah, sambung HAM, berbagai kegiatan pembangunan dilakukan. Selama 3 tahun 11 bulan kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad.

Banyak hal yang sudah dikerjakan Pemerintah Kota Batam, diantaranya adalah menata infrastruktur kota.

Sebelumnya, Kelurahan Seipanas mengusulkan 31 kegiatan untuk tahun 2021. Terdiri dari 21 kegiatan percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) dan 10 non PIK.

“PIK didominasi kegiatan semenisasi jalan lingkungan serta pembangunan drainase U30 dan U40 perumahan di Seipanas,” kata Lurah Seipanas, Tommy Amri.

Sedangkan kegiatan non PIK yang diusulkan antara lain penambahan ruang aula dan semenisasi lapangan di SMP Negeri 6 serta pembangunan pagar di SD Negeri 001 Batam Kota.

Masyarakat Seipanas juga meminta pembangunan halte di lingkungannya, serta penambahan rute Trans Batam untuk Seipanas-Bengkong. ***
_______
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.