Hari Pertama Tes SKD CPNS, 51 Peserta Gugur

Kabar Baik dari Batam

Hari Pertama Tes SKD CPNS, 51 Peserta Gugur

2 min read

SEKDA Kota Batam H Jefridin saat meninjau dan memberi arahan (foto sebelah) di hari pertama tes SKD CPNS Pemko Batam, Senin (27/1/2020) lalu.

SEBANYAK 199 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Batam, mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Kantor UPT BKN Batam Gedung Bersama Pemko Batam, Senin (27/1/2020). 51 peserta langsung dinyatakan gugur karena tidak hadir.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tes SKD CPNS Pemko Batam menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

“Ujian hari ini (Senin) peserta yang hadir 199 orang dan 51 orang tidak hadir. Untuk hasil kami belum bisa rekap karena mengolah datanya manual,” kata Kepala UPT BKN Batam, Delpa Nopri Kasmi usai ujian sesi terakhir.

Ia mengatakan, untuk seleksi CPNS Pemko Batam berlangsung 27 Januari sampai 11 Februari. Jumlah peserta per hari sebanyak 250 orang, yang dibagi menjadi 5 sesi tes.

“Sesi pertama mulai pukul 08.00. Dan sesi terakhir mulai pukul 16.00. Berarti selesai sekitar 17.30. Setiap hari lima sesi kecuali hari Jumat,” katanya.

Teknisnya yaitu peserta datang paling lambat 1 jam sebelum ujian. Saringan pertama di lantai I Gedung Bersama Pemko. Di sini peserta dicek untuk memastikan memang orang bersangkutan. Pengecekan dengan pindai sidik jari untuk melihat kesesuaian data kependudukan.

“Di bawah juga untuk memastikan peserta yang naik hanya yang akan tes sesi terdekat. Supaya tidak menumpuk di atas. Jika sesuai, naik ke lantai V ini,” katanya.

Di lantai V, katanya, peserta diminta isi presensi atau daftar hadir serta registrasi nomor soal. Selanjutnya menunggu waktu tes sambil mendengarkan pengarahan. Saat mulai sesinya, baru peserta dibolehkan masuk ke ruangan.

Menurut Delpa, tes di UPT BKN Batam tak hanya untuk Pemko Batam. Tapi juga beberapa instansi vertikal seperti Kejaksaan Agung, Kementerian Agama, dan sebagainya.’

“Untuk pemerintah daerah kami hanya Pemko Batam. Pemerintah kabupaten/kota lain di Kepri sudah melaksanakan secara mandiri di tempat masing-masing,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengunjungi peserta ujian dan memberikan arahan sebelum dimulainya ujian.

“Jangan lupa bismillah. Isi dengan tenang. Baca soal baik-baik. Jawab dengan baik,” pesan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin kepada peserta saat meninjau pelaksanaan tes perdana Senin lalu. ***
________
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.