Penuhi Usulan Warga Bulang, HMR Segera Pugar Makam Tumenggung Abdul Jamal

Kabar Baik dari Batam

Penuhi Usulan Warga Bulang, HMR Segera Pugar Makam Tumenggung Abdul Jamal

2 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) berziarah di makam Tumenggung Abdul Jamal.

SIAPA yang tak kenal nama Tumenggung Abdul Jamal? Di Batam namanya masyhur sehingga diabadikan sebagai nama kawasan Gelanggang Olahraga (Gelora) di Mukakuning. Namun adakah yang tahu sejarahnya?

Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) sangat konsen akan hal ini. Sehingga dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kelurahan-kelurahan di Kecamatan Bulang, Rabu (29/1/2020) pagi, revitalisasi makam Tumenggung Abdul Jamal langsung menjadi fokus perhatiannya.

Berbeda dari biasanya, Musrenbang kali ini dilakukan sekaligus 6 Kelurahan di Kecamatan Bulang yaitu Kelurahan Bulang Lintang, Temoyong, Pulau Buluh, Pantai Gelam, Batu Legong, dan Setokok.

Lokasi Musrenbang bertempat di Lapangan Volley RW 02 Bulang Kebam, Kelurahan Bulang Lintang. Secara kebetulan juga dalam Musrenbang tersebut ada usulan dari Kelurahan Bulang Lintang untuk merevitalisasi makam Tumenggung Abdul Jamal.

Usulan tersebut berdasar permintaan dari masyarakat setempat yang dilayangkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

“Karena itulah Pak Wali memutuskan melihat langsung kondisi makam tersebut,” jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam Azril Apriansyah yang saat itu ikut mendampingi Walikota.

Meski masih berada di wilayah Kelurahan Bulang Lintang, jarak antara lokasi Musrenbang ke makam Tumenggung Abdul Jamal dipisahkan oleh selat.

Singkat kata, HMR yang didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut tiba di tempat tujuan HMR disambut zuriat Tumenggung Abdul Jamal.

Selanjutnya HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut, langsung melakukan ziarah. Di makam tersebut tampak papan nama tertulis Makam Tumenggung Abdul Jamal dan Keluarga, Bendahara Kerajaan Melayu Riau Lingga Johor.

Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa makam lain yang diyakini sebagai keluarga Tumenggung Abdul Jamal. Antara lain istrinya raja Maimunah.

Tak lama kemudian, HMR langsung memberikan arahan agar perbaikan kompleks pemakaman secepatnya dilakukan.

Usai ziarah, suami Hj Marlin Agustina (HMA) tersebut, bersilaturahmi dengan zuriat sang Tumenggung, dan melihat beberapa benda pusaka seperti keris, pedang, tombak, bejana dan barang lain milik Tumenggung Abdul Jamal.

Selanjutnya Walikota Terbaik Asia 2019 ini berharap, makam Temenggung Abdul Jamal dapat menjadi salah satu destinasi budaya dan peninggalan bersejarah, serta menarik kunjungan wisata. ***

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) melihat keris pusaka peninggalan Tumenggung Abdul Jamal.
WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) bersama zuriat atau keturunan Tumenggung Abdul Jamal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.