PIK HMR-HAM Bikin Jalan di Pemping dan Pecung Selesai Lebih Cepat

Kabar Baik dari Batam

PIK HMR-HAM Bikin Jalan di Pemping dan Pecung Selesai Lebih Cepat

2 min read

BERKAT program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) yang digagas Walikota dan Wakil Walikota Batam H Muhammad Rudi – H Amsakar Achmad (HMR-HAM), dua kelurahan di Kecamatan Belakangpadang sudah memiliki akses jalan yang layak.

“Tahun 2020 ini seluruh jalan di Pecung dan Pemping sudah selesai karena PIK. Masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya program PIK ini,” kata Camat Belakangpadang Yudi Admajianto, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan di Pulau Pemping, Jumat (31/1/2020).

Program PIK merupakan salah satu andalan HMR-HAM. Tujuannya adalah mempercepat pembangunan infrastruktur di lingkungan pemukiman masyarakat. Pekerjaannya dilakukan oleh masyarakat melalui kelompok-kelompok.

Dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang nilainya terus bertambah setiap tahun. Mulai dari Rp1 miliar per kelurahan di tahun 2017, hingga kini menjadi Rp1,7 miliar per kelurahan.

“Tahun ini ditambah DAU (dana alokasi umum dari pemerintah pusat) sebesar Rp300 juta. Jadi setiap kelurahan tahun ini mendapat sekitar Rp2 miliar untuk pembangunan skala lingkungan termasuk di pulau-pulau,” tutur mantan Kabag Humas Pemko Batam ini.

Pekerjaan yang bisa dilakukan dengan anggaran PIK tak hanya membangun jalan. Tapi juga infrastruktur lain seperti drainase, batu miring, jerambah, dan sebagainya.

Ia menjelaskan, Kelurahan Pemping dan Pecung memang lebih dulu selesai karena luas wilayah yang lebih kecil. Terdapat 2 RW dan 5 RT dengan jumlah penduduk 900-1.000 orang di tiap kelurahan.

“Karena itu kami berharap yang tidak terserap di Pecung dan Pemping kalau bisa dialihkan ke kelurahan lain. Seperti Kasu, Terung, Sekanak Raya yang wilayahnya luas sekali,” ujarnya.

Selain PIK, pembangunan juga dilaksanakan melalui kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD). Tahun 2019 lalu beberapa kegiatan OPD sudah dilaksanakan dengan baik di pulau-pulau yang ada di Belakangpadang.

Di antaranya perbaikan pelabuhan Pulau Pemping yang memprihatinkan pascaditerjang angin kencang. Kemudian pemasangan ponton di Pulau Pecung. Serta beberapa kegiatan Dinas Pendidikan di Kelurahan Kasu. ***
____________
Sumber: Media Center Pemko Batam
Foto: WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) saat akan menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan di Pulau Pemping, Jumat (31/1/2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.