Infrastruktur Dibangun, Pertumbuhan Ekonomi pun Meningkat dari Tahun ke Tahun

Kabar Baik dari Batam

Infrastruktur Dibangun, Pertumbuhan Ekonomi pun Meningkat dari Tahun ke Tahun

1 min read

INFRASTRUKTUR yang dibangun Pemerintah Kota Batam di masa kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad berkorelasi positif dengan perekonomian daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HWM) dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Teluktering, Batam Kota, Senin (3/2/2020).

“Buktinya adalah angka pertumbuhan ekonomi yang meningkat dari tahun ke tahun,” kata HAM.

Pertumbuhan ekonomi Batam sempat melambat sejak 2015. Hingga terpuruk di kisaran 2 persen. Padahal tahun-tahun sebelumnya laju pertumbuhan ekonomi Batam selalu di atas nasional. Terbaru, pertumbuhan ekonomi Batam sudah bangkit kembali menuju angka 5 persen.

“Jalan yang dilebarkan sekarang sudah ‘bedelau’. Harga bangunan di sekitarnya pun ikut naik,” ujarnya.

Selain pembangunan infrastruktur di jantung kota, Pemko Batam juga tetap memperhatikan kebutuhan warga di tingkat kelurahan. Melalui program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK), ratusan kilometer jalan di lingkungan pemukiman warga sudah dibangun. Belasan kilometer drainase perumahan juga diperbaiki.

Menurut suami Hj Erlita Sari Amsakar tersebut, program PIK adalah murni kebijakan pasangan Walikota dan Wakil Walikota Batam periode 2016-2021 tersebut. Dana yang digunakan bersumber dari APBD Kota Batam.

“Untuk pembenahan infrastruktur di lingkungan kami juga anggarkan PIK. Posting satu kelurahan Rp 1 miliar di tahun pertama. Naik jadi Rp 1,1 miliar, lalu Rp 1,3 miliar tambah Rp 350 juta dari Pak Jokowi (DAU tambahan),” jelansya.

HAM mwnyebut, tahun 2020 ini meningkat lagi Rp1,6 miliar. “Kalau masih ada program bantuan Pak Jokowi Rp 350 juta, maka satu kelurahan bisa sampai Rp2 miliar. Sehingga infrastruktur di tingkat kelurahan cepat terbangun,” kata dia.

HAM mengatakan, pos anggaran untuk infrastruktur ini mencapai 30 persen dari APBD. ***
___________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.