Kelola APBD dengan Tepat jadi Kunci Kepemimpinan HMR-HAM Tingkatkan PAD

Kabar Baik dari Batam

Kelola APBD dengan Tepat jadi Kunci Kepemimpinan HMR-HAM Tingkatkan PAD

1 min read

WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Teluktering Batam Kota, Senin (3/2/2020).

SELAIN menata infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, duet H Muhammad Rudi – H Amsakar Achmad (HMR-HAM) sebagai Walikota dan Wakil Walikota Batam, juga sangat ketat dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kita Batam.

Sebagaimana diketahui, bila APBD dikelola dengan baik, kebocoran pun tak akan terjadi. Dampak lebih besarnya lagi: pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat.

Hal ini disampaikan HAM dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Teluktering Batam Kota, Senin (3/2/2020).

“APBD Batam sudah terkelola secara efektif dan efisien. Buktinya adalah hasil audit BPK RI yang menyatakan laporan keuangan Pemko Batam wajar tanpa pengecualian selama tujuh tahun berturut-turut,” jelas suami Hj Erlita Sari Amsakar ini.

Tak tanggung-tanggung, Pemko Batam juga diasistensi KPK dalam mengelola pendapatan daerah.

Batam juga jadi percontohan program tapping box atau alat perekam transaksi. Lebih dari 500 alat sudah terpasang di tempat-tempat pemungutan pajak daerah seperti hotel, restoran, dan tempat hiburan.

โ€œBeberapa terobosan itu membuat pendapatan asli daerah (PAD) kita dari waktu ke waktu meningkat. Tahun ini dari Rp2,8 triliun APBD Batam, PAD kita diperkirakan mencapai Rp1,3 triliun. Di samping menunjukkan kita sudah mandiri, juga berarti masyarakat kita taat membayar pajak,โ€ tuturnya.

Ia bersama Walikota HMR, sambung HAM, sudah berupaya sekuat tenaga untuk memenuhi keinginan masyarakat. Itu juga alasan kedua pimpinan daerah ini selalu turun di musrenbang mulai dari tingkat kelurahan.

โ€œKami ingin mendengar dari dekat, melihat langsung, memotret fakta yang ada. Sehingga pembangunan yang dilakukan bermanfaat bagi semua,โ€ pungkas birokrat yang juga penyair ini. ***
__________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.