Pembangunan Lancar Bila Ekonomi Bergerak, untuk Itu Batam Harus Aman

Kabar Baik dari Batam

Pembangunan Lancar Bila Ekonomi Bergerak, untuk Itu Batam Harus Aman

1 min read

SEKDA Kota Batam H Jefridin saat mewakili Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menghadiri Musrenbang Kelurahan Kampung Pelita, Kecamatan Lubukbaja, Rabu (5/2/2020) pagi tadi.

ADA hal menarik saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Kampung Pelita, Kecamatan Lubukbaja, Rabu (5/2/2020) pagi tadi. Saat itu masyarakat diberi pemahaman darimana sumber pembangunan ini berasal.

Hal ini dengan apik dipapar Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, saat mewakili Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) membuka Musrenbang tersebut.

“Darimana dana untuk membiayai semua pembangunan ini? Tentu dari pajak dan retribusi,” jelasnya.

Dia menyebut, dari Rp3,013 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Batam, Rp1,5 triliun-nya didapat dari pendapatan asli daerah (PAD) berupa pajak dan retribusi daerah.

PAD bisa dicapai bila roda ekonomi bergerak. Agar bergerak, bisnis, seperti hotel, restoran dan sebagainya harus jalan. Agar semua bisa berjalan, maka Batam harus aman dan kondusif.

“Bila roda ekonomi bergerak, maka akan banyak yang bayar pajak. Inilah sumber pendapatan daerah. Kalau tak ada duit, bagaimana kita mau membangun?” jelasnya.

Jefridin juga menjelaskan tentang mengapa tak semua yang diusulkan dalam Musrenbang bisa disetujui.

Berapa total anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi semua usulan masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)?

“Butuh duit Rp12 triliun agar semua usulan di Musrenbang 2019 bisa terealisasi, sementara kemampuan kita (APBD) 2020 cuma Rp3,013 triliun,” ujarnya.

Itulah mengapa, lanjut Jefridin harus ada prioritas. “Dari semua usulan, hanya 10 yang diprioritaskan. Ini dipilih mana urgensinya paling atas,” tutup suami Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin tersebut. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.