Ratusan Pengembang Belum Serahkan Lahan Fasum, Pemko Segera Kirim Surat

Kabar Baik dari Batam

Ratusan Pengembang Belum Serahkan Lahan Fasum, Pemko Segera Kirim Surat

1 min read

PEMERINTAH Kota (Pemko) Batam akan surati lagi pengembang (developer) terkait serah terima lahan fasilitas umum (fasum). Dari 589 perumahan, baru 101 yang sudah dalam proses akta pelepasan dari notaris.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) usai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Teluktering, Kecamatan Batam Kota, Senin (3/2/2020).

“Nanti akan di-follow up lagi beberapa pengembang yang belum serahkan lahan fasumnya ke pemerintah,” janjinya.

Ia mengatakan pengembang punya kewajiban untuk menyerahkan lahan untuk fasum dan fasos (fasilitas sosial). Dan seyogyanya lahan fasum tersebut diserahkan ke pemerintah daerah.

Menurut HAM, secara kenyataan lahan fasum sudah terpakai. Ada bermacam fungsi seperti untuk taman bermain, tempat ibadah, posyandu, dan sebagainya. Namun secara administrasi, belum diserahterimakan ke pemerintah daerah.

“Fasum yang seyogyanya ke daerah, hendaknya dikembalikan ke daerah. Dengan begitu mudah-mudahan tidak ada permasalahan di kemudian hari,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan saat ini ada 589 titik perumahan di Batam. Belum sampai setengahnya yang telah menyerahkan lahan fasum ke pemerintah.

“Dari 589 perumahan, 216 yang mengusulkan fasum fasos untuk diserahkan pada Pemko Batam, dan baru 101 yang sudah dalam proses akta pelepasan dari notaris. Kami akan surati kembali supaya mereka segera serahkan lahan fasum fasosnya kepada Pemko Batam,” tutur Eryudhi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.