Inilah Jalan Utama yang Akan Dilebarkan jadi 5 Lajur oleh Pemko dan BP Batam Tahun Ini

Kabar Baik dari Batam

Inilah Jalan Utama yang Akan Dilebarkan jadi 5 Lajur oleh Pemko dan BP Batam Tahun Ini

2 min read

Foto: Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) didampingi Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) saat Musrenbang Kelurahan Baloi Indah, Kecamatan Lubukbaja, Kamis (6/2/2020).

DALAM Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Baloi Indah, Kecamatan Lubukbaja, Kamis (6/2/2020), Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) sempat mengungkap beberapa ruas jalan yang akan dilebarkan dua institusi yang dipimpinnya. Di mana saja?

Sebelumnya, HMR juga sempat mengatakan hal tersebut kepada awak media. Sebagaimana dilansir Posmetro Batam, proyek pelebaran jalan yang dilakukan BP Batam tersebut, di antaranya di depan Mapolsek Batuampar atau simpang pelabuhan hingga ke simpang Indomobil.

“Ruas jalan simpang Batuampar dilebarkan BP Batam bukan Pemko. Karena anggaran besar jadi kita BP yang mengerjakan,” kata HMR, Kamis (6/2/2020).

Rencananya ruas jalan tersebut akan dibuat lima lajur kiri dan kanan. Selanjutnya, pelebaran jalan dari simpang Indomobil hingga simpang flyover Laluan Madani akan dilakukan oleh Pemko Batam.

“Kita melihat kebutuhan jalannya dulu. Kalau lima lajur sudah standart. Jadi pelebaran disesuaikan dengan luas jalannya,” jelas Rudi.

Selain itu BP juga melakukan penataan dan pelebaran jalan yakni ruas jalan di depan Kantor Pos Batamcentre. Hal ini dikarenakan kondisi jalan dianggap sempit. Setelah simpang jalan yang menuju Ocarina akan dibenahi.

“Jalan depan BP Batam kita rapikan dan dilebarkan. Nanti yang menuju Ocarina kita benahi. Karena masih tanah-tanah. Jadi kita perbaiki biar bagus,” terangnya.

Begitu juga jalan menuju Bandara Hang Nadim Batamcentre akan ikut dilebarkan. BP Batam akan membangun bundaran air mancur di Jalan Hang Tuah tepatnya di Simpang lampu merah bandara.

“Simpang lampu dibuka, dibikin bundaran dan ada lengan jalan di empat sudut itu tak bisa hanya lurus aja. Ruas jalan di luar dan di dalam bandara kita juga perluas juga,” jelas Rudi.

Begitu juga dengan penataan infrastruktur pelebaran jalan yang dilakukan Pemko Batam. Di antaranya beberapa simpang jalan akan dilebarkan.

“Iya ada beberapa simpang jalan yang akan dibuka tahun ini. Seperti Simpang Barelang, Simpang Basecamp, dan Simpang Fanindo,” kata Yumasnur, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, waktu lalu.

Rencananya simpang jalan tersebut akan dibuka dua jalur kiri-kanan dan lima jalur. Pelebaran jalan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di simpang itu. Hal ini menjadi perhatian pemerintah untuk melakukan perluasan sejumlah jalan di Kota Batam.

“Dalam waktu dekat akan dibuka. Jadi lahannnya dibuka dulu baru dikerjakan,” papar pria yang akrab disapa Yu itu. ***
_________
Sumber: POSMETRO BATAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.