Jalan Sudah Dilebarkan, Saatnya Batam Sambut Era Transportasi Massal

Kabar Baik dari Batam

Jalan Sudah Dilebarkan, Saatnya Batam Sambut Era Transportasi Massal

1 min read

ADA pakar transportasi menyampaikan, bahwa pelebaran jalan tak akan mempu kurangi kemacetan bila tak didukung tersedianya transportasi massal.

Hal ini sebenarnya telah jauh-jauh hari dipikirkan, bahkan masuk tahapan rencana Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat membangun infrastruktur Kota Batam.

Guna mempersiapkan era transportasi massal, setelah era pelebaran jalan jadi lima lajur yang sudah dilakukannya, di sana HMR membuat lajur khusus untuk bus.

“Insyaallah semua akan tuntas 2025. Sehingga nanti kita ke kantor cukup naik bus saja,” ujarnya didampingi Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Baloi Indah, Kecamatan Lubukbaja, Kamis (6/2/2020).

Menurut Walikota Inovatif ini, pembangunan jalan 5 lajur tersebut dibagi 3 lajur untuk kendaraan bermotor roda empat dan lebih, 1 lajur khusus bus (Bus Rapit Transit-BRT), dan 1 lajur untuk sepeda motor. Bahkan dibuat lagi satu lintasan untuk sepeda.

“Nanti bus akan ditambah. Dengan jalur khusus itu, nantinya tak akan lama berhenti. Sehingga masyarakat tak akan lama nunggu,” terangnya.

Tak hanya itu, bus sebagai transportasi massal tersebut juga dilengkapi fasilitas yang nyaman. Sehingga warga betah dan bahagia menaikinya.

“Busnya ada TV siaran khsuus, AC, tempat duduknya enak. Sehingga kita nanti bisa nyaman bepergian,” ujar suami Hj Marlin Agustina (HMA).

Jalur motor juga akan ditata. Sehingga lalulintas lebih tertib dan aman. “Ibu-ibu nanti enak bawa motor. Pengguna jalan pun tak takut lagi jika ada motor yang sen kanan, tapi belok ke kiri,” jelas HMR melontar canda. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.