Anggaran Kecil Tak Surutkan HMR-HAM Bangun Batam jadi Kota Kelas Dunia

Kabar Baik dari Batam

Anggaran Kecil Tak Surutkan HMR-HAM Bangun Batam jadi Kota Kelas Dunia

2 min read

WAKIL Walikota Batam HAM pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Jumat (7/2/2020).

ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kecil tak mengecilkan semangat Walikota Batam H Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HMR-HAM), membangun Batam menjadi kota maju di dunia.

“Sebagai kota dunia, harus disolek, supaya mendekati Singapura dan Johor,” ujar Wakil Walikota Batam HAM pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Jumat (7/2/2020).

Suami Hj Erlita Sari Amsakar ini mengungkap, dibanding kota-kota besar lain di Indonesia, APBD Kota Batam memang tak besar. Misalnya Surabaya yang mencapai Rp9 triliun, Bandung Rp7 triliun, atau Medan Rp6 triliun.

APBD Batam tahun 2020 ini diperkirakan sebesar Rp2,8 triliun dan tahun depan diestimasi Rp3 triliun.

”APBD kecil tak mengecilkan semangat membangun Batam. Misal, kita membangun jalan, ini sesuai dengan visi kita, mewujudkan Batam sebagai bandar dunia madani,” jelansya.

Jalan yang dimaksud di antaranya di Batam bagian timur, seperti kawasan Jodoh dan Nagoya yang sudah 98 persen. Ditargetkan, selesai tahun 2020 ini.

Selanjutnya, pembangunan jalan akan menyentuh Batam bagian barat. Seperti daerah Seibeduk, Sagulung, Batuaji, dan Sekupang.

“Jalan di Batam juga sudah dibelah untuk penanganan banjir. Di Kepri Mall, Simpang Kabil itu kita bongkar. Dekat Sagulung kita bongkar. Di Seibeduk juga dibuat drainase sampai ke ujung laut. Kita berjuang ke pusat untuk mendapatkannya. Ada tujuh titik drainase besar yang dibangun tahun lalu untuk atasi banjir,” jelas HAM di luar kepala.

Menurutnya, anggaran pembangunan ini bisa didapat dengan mengefisiensikan belanja. Di antaranya mengurangi biaya-biaya rapat, pakaian seragam dinas pegawai, serta perjalanan dinas.

“Anggarannya kita alokasikan ke masyarakat. Itulah kita gunakan untuk PIK, (Percepatan Infrastruktur Kelurahan),” sebutnya. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.