Melihat Keakraban Tjahjo dan HAM: Bincang Hangat Mulai Good Governance hingga BJ Habibie

Kabar Baik dari Batam

Melihat Keakraban Tjahjo dan HAM: Bincang Hangat Mulai Good Governance hingga BJ Habibie

2 min read

WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) saat bertemu MenPAN-RB Tjahjo Kumolo siang tadi, Senin (10/2/2020). Tjahjo sempat duduk satu meja dan terlibat perbincangan hangat dengan HAM di seafoad restorant Harbour Bay mulai pukul 13.30 sampai 15.30 WIB.

PRIBADI Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo memiliki kemiripan dengan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM): sama-sama humble namun jua cerdas. Apa jadinya bila keduanya bertemu?

Pertemuan keduanya terjadi siang tadi, Senin (10/2/2020). Tjahjo sempat duduk satu meja dan terlibat perbincangan hangat dengan HAM di seafoad restorant Harbour Bay mulai pukul 13.30 sampai 15.30 WIB.

Perbincangan yang hangat, akrab dan santun tersebut digelar usai Tjahjo Kumolo menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 di Hotel Radisson.

Awalnya, Tjahjo sebagai Menpan-RB banyak mengupas tentang tata kelola pemerintahan (governance) yang baik, dimana tak dapat dipisah dari prinsip-prinsip dasarnya, yaitu transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas.

“Saya sangat berterima kasih kepada Menpan RB yang sudi berbincang-bincang tentang tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar HAM saat ditemui usai bincang santai tersebut.

Suami Hj Erlita Sari Amsakar ini menambahkan, tadi Menpan juga sempat menyinggung soal merebaknya virus Corona di luar negeri, yang membuat turunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam.

Meski demikian, HAM bersyukur bahwa di kota ini kerap dipilih sebagai tempat konferensi tingkat nasional. Seperti penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019, yang baru saja digelar.

Karena itu atas nama masyarakat Batam HAM sangat berterima kasih kepada Menteri Tjahjo Kumolo.

“Saat itu beliau meresponnya dengan sangat arif. Untuk sementara waktu anggap saja kita sedang berpuasa. Tapi beliau percaya Batam tetaplah akan selalu menggeliat,” kisah HAM yang saat itu didampingi Asisten Setdako Batam bidang Administrasi Umum Drs Heriman HK.

Di sela-sela diskusi tersebut, kadang kala Menteri Tjahjo mengeluarkan joke ringan tentang almarhum JB Sumarlin, almarhum BJ Habibie, Harmoko, Wiranto, bahkan sampai pada Akbar Tandjung dan Cosmos Batubara.

Suasana pun segar kembali. Kemudian serius lagi. Begitu seterusnya.

“Cerita terus mengalir dan kandungannya luar biasa karena momentum dan peristiwa tersebut merupakan mata rantai Indonesia hari ini,” kisah HAM. ***

 

WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) saat bertemu MenPAN-RB Tjahjo Kumolo siang tadi, Senin (10/2/2020). Coba perhatikan posisi tangan kiri Tjahjo yang memegang pundak HAM, tanda akrab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.