Latih Pelaku Pariwisata untuk Batam Lebih Memesona

Kabar Baik dari Batam

Latih Pelaku Pariwisata untuk Batam Lebih Memesona

2 min read

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menggelar pelatihan kepariwisataan bagi pelaku pariwisata di Kota Batam. Kegiatan ini diselenggarakan di Kings Hotel Batam, selama tiga hari (Selasa-Kamis (11-13/2/2020) guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor ini.

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan, anggaran pelatihan kepariwisataan ini berasal dari Anggaran DAK Non Fisik tahun 2020. Jenis pelatihan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. “Ada delapan jenis pelatihan yang diberikan, ” jelasnya

Adapun pelatihan ini yakni manajemen homestay, manajemen tata kelola destinasi pariwisata, pemandu wisata eko wisata alam, pemandu wisata ecopark, pemandu wisata recreation atau theme park, pemandu wisata outbond, pemandu wisata kuliner dan belanja, dan pemandu wisata sejarah dan warisan budaya.

“Peserta yang mengikuti kegiatan hari ini (Selasa) dari pelaku pariwisata di Kota Batam,” katanya.

Mantan Humas Pemko Batam ini menyampaikan, pelatihan ini dimanfaatkan sebagai modal sektor kepariwisataan untuk meningkatkan kapasitas SDM pariwisata, sehingga terwujud layanan yang baik dalam industri pariwisata di Kota Batam. Dengan begitu Batam makin menarik perhatian dan mengagumkan bagi wisatawan.

Menurut dia, layanan terbaik juga akan membuat wisatawan terkesan. Apalagi Kota Batam sebagai penyumbang jumlah wisatawan mancanegara (wisman) tertinggi ketiga setelah Bali dan Jakarta.

Untuk lebih meningkatkan kualitas serta pertumbuhan pariwisata di Kota Batam, selain pembangunan aksesibilitas, amenitas, dan atraksi perlu dilakukan pembangunan di bidang SDM.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdako Batam Febrialin mengatakan, sebagai kota yang strategis berdekatan langsung dengan dua negara; Singapura dan Malaysia, kegiatan pelatihan pelayanan kepariwisataan ini perlu dilakukan.

“Kita harus meningkatkan kualitas, pelayanan dan pengelolaan objek wisata. Kalau pelayanannya tidak bagus, tidak sopan, orang tidak akan datang lagi,” ujarnya. ***
______
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.