Pimpin 300 Orang, HMR Pungut Sampah Plastik di Simpang Kepri Mall

Kabar Baik dari Batam

Pimpin 300 Orang, HMR Pungut Sampah Plastik di Simpang Kepri Mall

2 min read

WALIKOTA Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), Sabtu (15/2/2020) sekitar pukul 07.00 tadi, memimpin 300 orang membersihkan sampah plastik di Simpang Kepri Mall.

Acara ini merupakan aksi Satu Pulau Satu Suara atau “One Island One Voice” 2020 di Batam, yang digagas Komunitas Bye bye Plastic Bag (BBPB).

“Sekitar 300 orang yang ikut aksi ini merupakan gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, komunitas BBPB, PT WIK, pelajar SMK dan lainnya,” jelas Kepala Dinas DLH Kota Batam Herman Rozie yang juga ikut berjibaku dalam aksi ini.

Yang menarik, dalam aksi yang juga diikuti Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Batam Azril Apriansyah tersebut, terlihat banyak tong plastik berwarna biru, disertai logo bulat besar berwarna hijau bergambar jembatan Barelang warna merah.

Tong plastik itu adalah tong sampah yang akan diletakkan di beberapa tempat, salah satunya di Pos Polisi simpang Kepri Mall yang dijadikan titik kumpul aksi.

Sebelumnya, HMR berpesan, kegiatan semacam ini harus ditularkan ke seluruh warga Batam, agar bisa jadi pemicu aksi bersih-bersih sampah plastik.

“Sampah plastik itu berasal dari kita, maka tanggung jawab kita semua untuk membersihkannya,” anjurnya, sembari meminta agar mengurangi pemakaaian kantong plastik mulai dari rumah.

Walikota Batam sendiri, sejak November 2019 lalu sudah membuat edaran pengurangan penggunaan kantong plastik, dan plastik sekali pakai.

“Untuk Komunitas Bye bye Plastic Bag, saya ucapkan terima kasih telah menginisiasi kegiatan ini,” tutupnya.

Di Indonesia, Kampanye Satu Pulau Satu Suara atau ‘One Island One Voice’ ini sudah dilaksanakan sejak 2015 lalu.

Acara bersih-bersih lingkungan tersebut bertujuan untuk memberi kesadaran bagi masyarakat mengenai pentingnya mengurangi jumlah sampah, terutama plastik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.