Sajikan Menu Tradisional Kekinian, HMA Eksplorasi Masakan Melayu di Trans7

Kabar Baik dari Batam

Sajikan Menu Tradisional Kekinian, HMA Eksplorasi Masakan Melayu di Trans7

2 min read

HJ MARLIN Agustina (HMA) tak hanya jago memimpin organisasi. Istri Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) ini juga punya keahlian lain yang keren banget, yakni memasak.

Inilah yang membuat TRANS7, televisi swasta nasional ternama, menampilkan HMA mengisi program kulinernya.

Di sini Ketua TP PKK Kota Batam ini mengeksplorasi kepiawaiannya dalam menyajikan menu-menu unik dan kekinian, tanpa meninggalkan budaya, cita rasa, serta cara penyajian yang mantap.

Saat syuting di Hotel Harris Barelang, Jumat (14/2/2020), HMA memasak masakan khas Melayu. “Asam pedas ikan dingkis dan cumi masak hitam ini adalah masakan khas Melayu di Kota Batam yang sangat terkenal,” ujarnya.

Ikan dingkis merupakan salah satu ikan favorit di Kota Batam khususnya pada saat Imlek tiba.

Ikan ini diyakini pembawa keberuntungan sehingga menjadi salah satu sajian khusus masyarakat Tionghoa saat Imlek. “Oleh karena itu ikan ini disebut ikan Imlek,” jelasnya

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini yang baru juga dinobatkan sebagai Bunda Taman Pendidikan Alquran ini menjelaskan, bahwa mengkonsumsi ikan segar dapat mempengaruhi kecerdasan anak-anak.

Dengan demikian, ia mengajak para orang tua untuk dapat menyajikan menu serba ikan pada saat turun ke kecamatan-kecamatan.

“Memasak adalah hobi dan kompetensi saya sehingga dalam beberapa tahun belakangan ini saya rajin turun mengajar memasak di kecamatan se-Kota Batam” ujarnya sembari memasak didampingi salah satu kru stasiun televisi nasional tersebut.

HMA juga menjelaskan bahwa seafood (makanan laut) di Kota Batam sangat melimpah, sehingga anjuran yang di keluarkan Kementerian Perikanan RI tentang mengkonsumsi ikan dapat diterapkan di masyarakat Kota Batam.

Kegemarannya dalam masak memasak inilah yang dipergunakannya untuk turun kemasyarakat mensosialisasikan program-program PKK Kota Batam. Tak lupa, HMA juga membagikan resep-resep makanan yang dibuatnya.

“Banyak resep-resep makanan khas Melayu yang saya bagikan kemasyarakat, asam pedas ikan dingkis dan cumi masak hitam ini adalah dua menu dari resep-resep tersebut,” kata Marlin sembari mencicipi masakan yang siap dihidangkan.

Ke depannya beliau berharap kuliner, khususnya makanan khas Melayu dapat menjadi daya tarik pariwisata di Kota Batam. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.