SKB, Babak Baru Tes CPNS 2019: Gunakan Sistem Komputer, Pertanyaan Lebih Spesifik

Kabar Baik dari Batam

SKB, Babak Baru Tes CPNS 2019: Gunakan Sistem Komputer, Pertanyaan Lebih Spesifik

2 min read

Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin saat membuka tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Pemerintah Kota Batam, akhir Januari 2020 lalu.

TAHAPAN tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Pemerintah Kota Batam telah sampai pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Setelah lulus tes SKD akan masuk ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sebagaimana diketahui, rangkaian tes SKD CPNS 2019 Pemerintah Kota Batam telah dilaksanakan sejak tanggal 27 Januari 2020 dan dijadwalkan berakhir pada tanggal 28 Februari 2020.

Dikutip Tribunnews.com berdasarkan Siaran Pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 092/RILIS/BKN/XII/2019 hasil SKD dapat diumumkan sekitar tanggal 22 sampai dengan 23 Maret 2020.

Selanjutnya, instansi pusat maupun daerah dapat melaksanakan SKB mulai tanggal 25 Maret 2020 hingga 10 April 2020.

Pengumuman hasil seleksi tersebut dapat disampaikan pada tanggal 27 hingga 30 April 2020 guna integrasi nilai SKD dan SKB untuk kemudian diumumkan hasilnya tanggal 1 Mei 2020.

Peserta seleksi CPNS 2019 dapat mengikuti SKB jika dinyatakan lulus tes SKD.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam Hasnah mengatakan, untuk SKB nantinya masih menggunakan sistem computer assissted test (CAT). Namun pertanyaannya lebih spesifik pada bidang kerja masing-masing.

Sedangkan materi soal SKB, masih menggunakan basis data dari pusat. “Ini bukan kewenangan pemerintah daerah,” jelasnya.

Hasnah juga mengungkap fakta, bahwa saat tes SKD CPNS pada 27 Januari-11 Februari tersebut, terdapat 32 orang peserta kategori P1/TL yang memilih tidak ikut tes lagi.

Kategori P1/TL adalah peserta seleksi CPNS 2018 yang lulus tes CPNS tahap awal dan sudah mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB), namun tidak lulus.

Kepada peserta tersebut diberi keleluasaan untuk memilih, apakah akan mengikuti tes SKD CPNS tahun ini atau tidak.

Apabila mau ikut lagi, peserta boleh memilih nilai tertinggi untuk perangkingan. Tapi bagi yang memilih tidak ikut, akan digunakan nilai tes SKD CPNS tahun lalu.

“Yang 32 orang ini memilih pakai nilai lama,” kata Hasnah.

Menurut Hasnah, peserta P1/TL ini tidak otomatis bisa mengikut tes SKB lagi. Karena nilai keseluruhan akan diurutkan kembali.

“Untuk SKB nanti diambil peserta sebanyak tiga kali formasi. Misalnya formasinya satu orang, peserta SKB sebanyak tiga orang. Tapi itu kita menunggu hasil dari pusat,” terangnya. ***
______
Sumber: Tribunnews.com dan Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.