Cermin Kota Madani & Religius, 12 Ribu Santri di 12 Kecamatan, Ikut Munaqosah Akbar

Kabar Baik dari Batam

Cermin Kota Madani & Religius, 12 Ribu Santri di 12 Kecamatan, Ikut Munaqosah Akbar

2 min read

MUNAQOSAH Akbar atau ujian akhir kelulusan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) digelar serentak di 12 Kecamatan Kota Batam, Minggu (16/2/2020) pagi, sekitar pukul 07.30 WIB.

“Munaqosah tahun ini diikuti sekitar 12 ribu santri TPQ dan TQA (Taโ€™limul Qurโ€™an lil Aulad) se Kota Batam,” ujar Riama Manurung selaku Tim Monitoring dan Tim 10 dan penanggung jawab kegiatan.

TQA adalah jenjang pendidikan dan pengajaran Alquran setingkat SMP, guna mendidik santri agar mampu mengerti dan memahami Alquran, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Riama yang juga Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Setdako Batam ini menjelaskan, bahwa Monaqosah Akbar ini dilaksanakan oleh Badan Musyawarah Guru Alquran Kota dan Kecamatan, bersama Kesra dan Kantor Kementerian Agama serta Dinas Pendidikan Kota Batam.

“Tahun ini Monaqosah dilaksanakan di 46 titik, di 12 kecamatan se Kota Batam,” terangnya.

Menurut Riama, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, karena saat akan masuk SMP, murid SD yang beragama Islam harus memiliki sertifikat lulus baca tulis Alquran.

Hal ini sejalan dengan Perwako nomor 56 tahun 2014 tentang Pedoman Pemenuhan sertifikasi baca tulis Alquran dan paham dasar agama bagi peserta didik tingkat SD dan menengah.

Munaqosah ini juga sekaligus sebagai evaluasi untuk semua TPQ yang ada di setiap kecamatan, untuk melihat sampai sejauh mana kualitas dari sistem pembelajaran Alquran di Kota Batam.

Dengan demikian, munaqosah bisa sebagai bentuk cerminan masyarakat madani, yang religius, bertamaddun, dan memiliki sikap agamis di kesehariannya.

Kementerian Agama dalam hal ini memiliki andil yang sangat besar karena amanah dari Peraturan Pemerintah no 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan dan itu ada di Kementerian Agama. ***

RIAMA Manurung saat memberi sambutan dalam Munaqosah Akbar, Minggu (16/2/2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.