Ada Penguasa Lahan Jadikan Tanah sebagai Bisnis, HMR Ingatkan: Lahan Bukan Investasi

Kabar Baik dari Batam

Ada Penguasa Lahan Jadikan Tanah sebagai Bisnis, HMR Ingatkan: Lahan Bukan Investasi

2 min read

KEPALA Badan Pengusahaan (BP) Batam H Muhammad Rudi (HMR) mengingatkan agar lahan tidak dijadikan investasi, melainkan sarana untuk berinvestasi.

Hal ini disampaikan HMR saat melakukan sosialisasi Perka 3/2020 di Balairung Sari BP Batam, Rabu (19/2/2020).

Sebagaimana dikutip dari Koran Sindo Batam, HMR menjelaskan supaya hal tersebut harus ditanamkan kepada pengusaha.

Karena selama ini tak sedikit pihak-pihak yang memanfaatkan lahan untuk investasi, dimana banyak pihak yang memiliki uang kemudian membeli lahan dari BP Batam tapi tidak dimanfaatkan.

Akibatnya saat ketersedian lahan-lahan di Batam semakin menipis, dan tak jarang banyak investor yang gagal berinvestasi di Batam karena tak ada lahan.

Sebab harus membeli lahan kepada pihak-pihak yang memiliki lahan tapi belum dikelola. Persoalan ini yang sering kali menghambat investasi di Batam.

“Sekarang lahan di Batam sudah habis sehingga jika ada yang mau Investasi harus membeli dari para penguasa lahan yang menjadikan lahan sebagai bisnis,” katanya.

Kemudian dalam pengalokasian lahan yang baru BP Batam juga tidak akan memberikan toleransi kepada pihak-pihak yang tidak memiliki komitmen sesuai perjanjian.

Dalam atauran yang baru tersebut, jika dalam waktu enam bulan tidak ada proges pembangunan maka secara otomatis akan dibatalkan dan hal itu tertuang dalam perjanjian bersama BP Batam.

“Tapi aturan itu berlaku untuk alokasi yang baru. Sedangkan yang sudah terlanjur akan kita dudukkan dulu, akan kita carikan solusinya bersama-sama,” katanya.

Pihaknya juga berharap dengan proses alokasi lahan yang cepat bisa mendorong peningkatan investasi dan menambah pendapatan negara bukan pajak (PNBP). Dimana sumber utama pemasukan BP Batam selama ini adalah berasal dari BNBP dari unit-unit usaha yang dikelola BP Batam.

“Ke depan perka tarif juga akan kita tinjau, khususnya untuk lahan-lahan yang strategis. Kalau untuk perumahan tidak akan kita ganggu,” jelasnya. ***
_________
Sumber: Koran Sindo Batam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.