Hari Peduli Sampah Nasional, 1.000 Orang Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai Bengkong

Kabar Baik dari Batam

Hari Peduli Sampah Nasional, 1.000 Orang Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai Bengkong

2 min read

WAKIL Walikota Batam H Amsakar Achmad saat menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, di Bengkong Sadai, Jumat (21/2/2020) pagi.

SEKITAR 1.000 orang gabungan dari pegawai Pemko Batam, Polda Kepri dan sejumlah instasi, terlihat berkumpul di Bengkong Sadai, tepatnya di samping Kantor Camat, Jumat (21/2/2020) pagi.

Ternyata bapak-bapak ini melakukan upacara ‎dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional.

Mereka pun kemudian membagi menjadi beberapa kelompok, dan selanjutnya menanam pohon dan membersihkan sampah.

Di tengah-tengah mereka tampak Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), Kapolda Kepri yang diwakili Karo SDM, Ditpol Airud, Brimob, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Satpol PP, serta beberapa personel dari perusahaan swasta, Pramuka, dan instansi vertikal lainnya.

Semua kompak mengikuti jalannya acara. Mulai menanam pohon, berupa 200 ketapang kencana yang dilakukan DLH Kota Batam, hingga 1.000 pohon bakau oleh personel Ditpol Airud Polda Kepri.

Selain itu, ratusan peserta lain, menyebar membersihkan sampah sungai Bengkong. Ada juga yang menggelar workshop dan sosialisasi pengurangan sampah plastik, dan pemberian penghargaan kepada pihak swasta peduli lingkungan.

Sebelum acara yang mengambil tema Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera ini dimulai, Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) membuka dengan beberapa arahan.

Suami Hj Erlita Sari Amsakar ini berharap agar momen Hari Peduli Sampah Nasional, ini jadi pengingat untuk meningkatkan kesadaran kita akan bahaya sampah terutama plastik.

“Kalau kita tidak pernah peduli pada lingkungan, maka Batam tidak akan menarik lagi. Bayangkan, hari ini saja, seribu ton rata-rata sampah masuk ke TPA (tempat pembuangan akhir),” gugahnya.

HAM juga menyampaikan imbauan Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR), pada akhir 2019 lalu yang ditulis dalam surat edaran untuk sama-sama mengurangi penggunaan alat atau kemasan plastik sekali pakai.

“Semua upaya ini tak akan bisa terlaksana bila kita abai akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah plastik untuk anak cucu kita kelak,” tegasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.