Pohon “Sakura” Tabebuya Hiasi Sepanjang Jalan Laksamana Bintan

Kabar Baik dari Batam

Pohon “Sakura” Tabebuya Hiasi Sepanjang Jalan Laksamana Bintan

1 min read
DINAS Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Disperkimtan) Kota Batam menanam pohon Tabebuya di sepanjang ruas jalan Laksamana Bintan, Seipanas, atau tepatnya mulai Simpang BNI hingga underpass Pelita.

“Kalau jalannya punya provinsi, tapi median jalannya punya Pemko Batam. Jadi kami yang tata. Kami sudah ada tanam beberapa pohon Tabebuya,” kata Kepala Disperkimtan Kota Batam Eryudhi di Batam Centre, Rabu (19/2/2020).

Seperti diketahui, di Batam, pohon tebubuya ini banyak ditanam di Kawasan Batamindo Mukakuning. Bunganya indah bagai sakura. Sehingga saat musim mekar tiba, banyak warga yang menuju ke sana untuk melihat langsung sambil berswafoto.

Karena keindahannya tersebut, Pemko Batam dalam hal ini Disperkimtan, melirik pohon asal Brasil ini untuk menghias di beberapa ruas jalan utama kota ini. Salah satunya di Jalan Laksamana Bintan.

“Namun saat ditanam, pohon yang bunganya mirip sakura ini ada sebagian yang tidak tumbuh dengan baik,” jelas Eryudhi.

Meski demikian, Disperkimtan terus melakukan penanaman sesuai arahan pimpinan agar media jalan menjadi indah dengan adanya pohon Tabebuya yang nantinya menghasilkan bunga warna warni yang indah bagai sakura di negeri Jepang.

“Pas dicek ada yang hidup ada yang mati juga. Jadi memang tergantung tanahnya. Sama, seperti beberapa pohon yang ditanam seperti Ketapang Kencana dan Khaya,” katanya.

Ia mengakui beberapa pohon yang ditanam tidak dikhawatirkan mengganggu median jalan. Sehingga, ruas jalan yang dilebarkan tidak rusak. “Kalau ditanam dengan kedalaman yang pas, akarnya tidak akan keluar mengganggu median jalan,” jelasnya. ***
_____________
Sumber: Koran Sindo Batam
Foto: Ilustrasi saat Tabebuya bermekaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.