ROW Jalan Dilarang untuk Bisnis, HMR Ajak Pengembang Hijaukan Batam

Kabar Baik dari Batam

ROW Jalan Dilarang untuk Bisnis, HMR Ajak Pengembang Hijaukan Batam

2 min read

BADAN Pengusahaan (BP) Batam memastikan tak akan lagi memberikan izin ROW jalan untuk kegiatan usaha. ROW jalan hanya untuk peghijauan guna menjaga lingkungan di Batam tetap asri dan hijau.

Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan, ke depan tak ada lagi ROW jalan yang dimanfaatkan untuk kegiatan usaha. Sedangkan yang sudah ada saat ini nantinya tidak akan lagi diberikan izin. Menurut dia akan dikembalikan sesuai peruntukannya.

“Saya juga mengimbau kepada pelaku usaha untuk tidak menggoda pegawai BP Batam untuk memberikan izin ROW jalan untuk usaha. Jika ada yang masih ada akan langsung saya batalkan,” ujarnya, Rabu (19/2/2020).

Pihaknya juga mengajak para pelaku usaha khususnya pengembang agar bersama-sama bisa menghijaukan Batam. Sehingga jika ada sisa lahan untuk fasum atau fasos bisa juga dilakukan penghijauan.

Menurut dia, sangat banyak manfaat dari pepohonan bagi kesehatan, karena pohon dapat menghasilkan oksigen. Itu sebabnya pihaknya mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan Batam tetap sehat.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk mulai tak menggunakan plastik demi lingkungan kita,” kata HMR.

Suami Hj Marlin Agustina (HMA) ini sebelumnya mengatakan, pihaknya sudah mendesain beberapa taman kota yang akan dibangun. Di antaranya adalah taman di pinggir ruas jalan Laksamana Bintan Seipanas, dari Simpang BNI menuju terowongan Pelita.

“Sepanjang jalan ini akan kami tanami pohon tabebuya. Supaya nanti bisa seperti bunga Sakura kalau sudah berbunga,” katanya.

Diakuinya ruas jalan tersebut memang milik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Namun karena anggaran Provinsi Kepri tak cukup, sebagian anggaran pembangunan ruas jalan akan dibantu oleh anggaran Kota Batam, termasuk pembangunan taman dan drainase sekitar jalan.

Selain itu, Pemko juga mengajak perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki anggaran lebih untuk bisa ikut berpartisipasi membangun taman kota. Peranan swasta sangat dibutuhkan untuk memajukan Kota Batam menjadi lebih baik.

“Saya akan kumpulkan semua pengusaha, kami tawari ke mereka. Kami berikan gambarnya. Mau pakai uang apa terserah mereka,” kata HMR. ***
—————
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.