Puskesmas Mentarau, Puskesmas Megah, Rasa Rumah Sakit

Kabar Baik dari Batam

Puskesmas Mentarau, Puskesmas Megah, Rasa Rumah Sakit

2 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) mendatangani prasasti saat meresmikan Puskesmas Mentarau, didampingi Kadis Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi (kiri).

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) meresmikan Puskesmas Mentarau, Jumat (21/2/2020). Meski namanya “Puskesmas”, namun sangat megah dan besar, serasa rumah sakit.

“Puskesmas Mentarau ini besar lahannya, bangunan megah, model baru,” ujar HMR dalam sambutannya.

Puskesmas ke-21 di Kota Batam ini dibangun pada tahun anggaran 2019 lalu. Lokasinya berada di dalam kawasan Perumahan Cipta Land, Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang.

Kelebihan lainnya, Puskesmas Mentarau ini dibangun tiga lantai. Dan kelengkapan ruangannya sudah memenuhi standar yang diatur dalam Permenkes 75/2014.

Misal ruang sterilisasi sudah ada, dulu tak ada. IGD lengkap semua. Poli lansia berdekatan dengan poli lain sehingga memudahkan pasien yang sudah berusia lanjut. Selain itu ada ruang bermain anak.

“Tahun ini di Puskesmas Mentarau ini juga akan dilengkapi lift karena bangunannya tiga lantai,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi.

Petugas kesehatan yang ada sekarang sekitar 20 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas.

“Tapi sekarang ini masih kepala sementara. Nanti rencananya kita tugaskan Dokter Hari, mantan Kepala Puskesmas Bulang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Didi mengurai, Puskesmas Mentarau adalah puskesmas ketiga di Kecamatan Sekupang. Dibangun untuk melayani masyarakat di Kelurahan Patam Lestari dan Tiban Indah.

“Ada sekitar 26.000-an penduduk di dua kelurahan ini. Kita buat di Patam Lestari untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Wilayah Sekupang ini besar. Agak jauh ke Puskesmas Sekupang dan Tiban Baru,” kata Didi.

Selain mendekatkan pelayanan, juga untuk mengurangi kepadatan di dua Puskesmas lain yang sudah ada sebelumnya.

Puskesmas Tiban Baru untuk wilayah Kelurahan Tiban Baru dan Tiban Lama. Sedangkan Puskesmas Sekupang untuk Kelurahan Tanjungriau, Tanjungpinggir, dan Seiharapan. ***
_____
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *