Pemko Terus Genjot Pengadaan Transportasi Massal Murah dan Nyaman

Kabar Baik dari Batam

Pemko Terus Genjot Pengadaan Transportasi Massal Murah dan Nyaman

2 min read

PEMERINTAH Kota Batam terus mengupayakan pengadaan transportasi murah dan nyaman untuk warga dan bisa juga untuk wisatawan. Dalam hal ini bus Trans Batam.

Setelah hampir seluruh wilayah Batam dilewati, trayek terus ditambah, Pemko Batam pun sudah mengajukan penambahan 60 Bus Trans Batam untuk mengakomodir kebutuhan transportasi yang dirasa kurang.

Pernyataan ini dikemukakan Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Walikota Batam, Batam Center, Jumat (21/2/2020) lalu.

Namun dari informasi diperoleh suami Hj Marlin Agustina (HMA), pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, tidak dapat memberikan bantuan dengan jumlah yang diajukan tersebut.

“Paling dikasih di bawah 60 unit. Kemungkinan dapat 20 unit saja. Tapi kalau tak ada (bantuan pusat), kita (Pemko Batam) beli sendiri,” jelas HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut.

HMR juga mengatakan akan berkomunikasi dengan Plt Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto terkait penambahan armada transportasi ini.

Sementara dari catatan kami, saat ini, ada 82 unit Trans Batam yang beroperasi melayani transportasi warga Batam. Trans Batam itu melewati 8 koridor atau 8 trayek di jalur-jalur utama.

Di tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menerima 10 bus dari Kementerian Perhubungan.

Selain meminta penambahan armada untuk dioperasikan di tahun 2020 ini, di tahun yang sama, Dinas Perhubungan Kota Batam sudah menambah rute baru Trans Batam untuk melewati Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, dan Teluklengung, Kecamatan Nongsa.

“Sengkuang dan Teluk Lengung yang melewati Bumi Perkemahan akan dilalui Trans Batam,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Batam Rustam Effendi.

Ini sebagai bukti bahwa Pemko Batam terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang laik. Apalagi, Trans Batam sangat diinginkan masyarakat.

“Batam lagi giat-giatnya membangun infrastruktur jalan untuk pariwisata. Kementerian PUPR membantu dua fly over. Mudah-mudahan pariwisata bisa tumbuh dan berkembang di Kota Batam. Untuk mendukung pariwisata ini diharapkan ada penambahan transportasi darat,” ujar HMR kala itu.

Harapan walikota, tentu juga harapan warga Batam. Semoga Batam segera mendapatkan bantuan bus baru agar warga bisa makin nyaman naik Trans Batam. ***
__________
Foto: Dokumentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.