Ancam Ekonomi Rakyat, KPPU Sosialisasi UU Larangan Praktik Monopoli

Kabar Baik dari Batam

Ancam Ekonomi Rakyat, KPPU Sosialisasi UU Larangan Praktik Monopoli

1 min read

SEKRETARIS Daerah Kota Batam H Jefridin saat menerima KPPU untuk menggelar sosialisasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, Kamis (27/2/2020).

KOMISI Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar sosialisasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Sosialisasi berlangsung di Kantor Walikota Batam, Kamis (27/2/2020), menghadirkan Kepala Kantor Wilayah I KPPU Ramli Simanjuntak sebagai pemateri. Mereka langsung diterima Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin.

Sebelum sosialisasi, Jefridin terlebih dulu mengucapkan selamat datang di Kota Batam dan berterima kasih sudah berkenan hadir di Batam memberikan sosialisasi ini.

“Jika ada hal-hal yang diperlukan untuk dikonsultasikan oleh Pemko, kami harap KPPU bersedia meluangkan waktunya,” jelansya.

Keberadaan KPPU, menurutnya, sangat ampuh mencegah terjadinya praktik monopoli usaha yang dilakukan pelaku usaha seperti perusahaan.

Inilah pentingnya pencegahan ini untuk menjamin ekonomi rakyat tidak diwarnai praktik monopoli dan persaingan tidak sehat.

Monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, kata dia, merupakan ancaman bagi ekonomi rakyat.

“Ini tentu merugikan rakyat sebagai konsumen. Karena itu, rakyat sebagai konsumen harus dilindungi,” jelas suami Hj Hariyanti Jefridin.

Seperti diketahui, KPPU merupakan lembaga negara yang independen setingkat dengan kementerian.

Untuk itu, masyarakat bisa melaporkan ke KPPU jika ada menemukan dugaan praktik monopoli maupun persaingan usaha tidak sehat. Laporan tentu disertai bukti sehingga bisa ditangani KPPU.

Selanjutnya, jika memang ada pelanggaran, akan direkomendasikan kepada penegak hukum.

Untuk itu, dukungan masyarakat sangat harapkan, sehingga tugas pengawasan yang dilakukan bisa lebih optimal. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.