Indahnya Berbagi, Santri TPQ Seibeduk Subsidi SPP 400 Rekannya yang Duafa

Kabar Baik dari Batam

Indahnya Berbagi, Santri TPQ Seibeduk Subsidi SPP 400 Rekannya yang Duafa

2 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat Wisuda Akbar Santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) 2020, se-Kecamatan Seibeduk di Halaman Masjid Nurul Islam Mukakuning, Minggu (1/3/2020).

BADAN Musyawarah Guru Alquran (BMGQ) Kecamatan Seibeduk, menggelar Wisuda Akbar Santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) 2020, se-Kecamatan Seibeduk di Halaman Masjid Nurul Islam Mukakuning, Minggu (1/3/2020).

“Jumlah santri wisudawan dan wisudawati hari ini 1.050 santri. Alhamdulillah telah dinyatakan lulus,” papar Ketua Panitia Wisuda Akbar Santri TPQ se-Kecamatan Seibeduk, Yuni.

Menurutnya, ada juga santri yang sudah mengikuti munaqasah (semacam ujian kenaikan tingkat) sebanyak 450 orang, serentak se-Kota Batam pada 16 Februari lalu.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan subsidi pembebasan SPP bagi sekitar 400 santri yatim piatu dan duafa. Setiap santri menerima bantuan sebesar Rp20 ribu per bulan selama satu tahun.

Menurut Yuni, sumber dana ini berasal dari infak para santri lainnya. Setiap santri menyumbangkan infak Rp2.000 per bulan.

“Ini bentuk pengenalan dan pembelajaran bagi santri kita mengenai infak dan sedekah. Diharapkan dengan subsidi silang ini dapat membantu anak-anak kita,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah pemberian penghargaan kepada TPQ terbaik tingkat kelurahan se-Kecamatan Seibeduk.

Adapun penerima penghargaan yaitu TPQ Nurul Islam di Kelurahan Mukakuning, TPQ Nurul Huda Kelurahan Mangsang, TPQ Babul Salam Kelurahan Duriangkang, dan TPQ Baitul Mutaqin di Kelurahan Tanjungpiayu.

Piagam penghargaan TPQ Terbaik Tahun 2020 se-Kecamatan Seibeduk diserahkan langsung oleh Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR).

Dalam Sambutannya, Rudi mengatakan kita harus berterima kasih kepada guru-guru TPQ. Karena anak-anak bisa pandai membaca Al-Qur’an berkat peran para guru.

“Tak hanya mengajarkan baca Al-Qur’an tapi guru-guru juga pasti akan menyampaikan apa yang diajarkan oleh agama Islam. Maka kalian (santri) berterima kasih betul dan jaga guru-guru kalian karena ilmu yang diturunkan oleh guru-guru TPQ ini tidak akan terbayar sampai kapanpun,” ujarnya.

Kepada para santri, Rudi berpesan agar jangan pernah berhenti untuk belajar. Karena ilmu pengetahuan tidak akan pernah berhenti atau selesai. Namun akan terus mengalami perkembangan.

Sementara itu, Ketua BMGQ Kota Batam Deden Sirajudin mengucapkan selamat dan sukses untuk wisudawan santri TPQ se-Kecamatan Sei Beduk.

“Semua yang ikut munaqosah merupakan santri yang akan melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP),” terang Deden.

Selain itu ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Batam karena tahun ini ada kenaikan insentif bagi kepada guru TPQ. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.