Selamatkan PAD Batam, Jefridin ke Jakarta Bahas Kompensasi Pembebasan Pajak Hotel

Kabar Baik dari Batam

Selamatkan PAD Batam, Jefridin ke Jakarta Bahas Kompensasi Pembebasan Pajak Hotel

1 min read

SEKRETARIS Daerah Kota Batam H Jefridin, saat rapat bersama 36 Sekda Se-Indonesia, bersama jajaran Kementerian Keuangan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (2/3/2020).

PEMERINTAH pusat menetapkan kebijakan untuk membebaskan pemungutan pajak hotel dan pajak hiburan pada 36 kabupaten/kota, termasuk Batam, selama enam bulan ke depan.

Hal ini sebagai bentuk stimulus terhadap perekonomian, terutama di sektor pariwisata, akibat sentimen buruk wabah virus corona.

Mengingat selama ini, ke 36 daerah tersebut menjadi destinasi wisata utama di Indonesia.

Sebagai gantinya, Kementerian Keuangan memberikan kompensasi dengan mekanisme hibah ke daerah, yang diperkirakan sebesar Rp3,3 triliun.

Namun seperti apa mekanismenya? Apakah nantinya tak mengurangi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam?

Inilah yang dibawa Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, saat rapat bersama 36 Sekda Se-Indonesia yang terkena dampak isyu Corona bersama jajaran Kementerian Keuangan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sebagai pengganti PAD, permintaan Pemerintah Kota Batam akibat pembebasan pajak Hotel dan Restoran selama enam bulan adalah, sebesar yang sudah diistimasikan dalam Perda APBD 2020.

“Besaran kompensasi Hibah yang kita usulkan untuk kedua jenis Pajak tersebut sekitar Rp130 miliar,” jelas Jefridin

Hasilnya?

Jefridin mengaku masih menunggu aturan hibah kompensasi dari Kementerian Keuangan RI.

“Peraturan Menteri Keuangan dan Surat Edaran terkait hal di atas akan dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat paling lambat minggu kedua Maret 2020,” ungkapnya.

Hasil dari rapat kemarin juga menugaskan agar daerah segera membuat regulasi tentang pembebasan pajak hotel dan hiburan.

Selanjutnya, hal tersebut disosialisasikan kepada hotel dan restoran serta masyarakat.

“Di sisi lain, kami (Pemko) diminta mengawasi hotel dan hiburan untuk tidak memungut pajak pada para tamu,” jelas suami Hj Hariyanti Jefridin ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.