Perhatikan, Begini Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang Benar

Kabar Baik dari Batam

Perhatikan, Begini Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang Benar

2 min read

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam mengadakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata tahun 2020. Pelatihan digelar di Hotel Kings Seraya, Selasa-Kamis (3-5/3/2020).

“Pelatihan ini diikuti 49 pelaku pariwisata se-Kota Batam,” kata Kepala Bidang Sarana dan Objek Wisata Disbudpar Batam, Adisty.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Batam, Rahman Usman dengan materi Cara Merancang Paket Wisata Agar Memenuhi Ekspektasi Wisatawan.

Kemudian materi Hospitality and Service Excellence oleh Irwandiazwar, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepri.

Serta Strategi Promosi Penuh Melalui Media Digital (Sosial Media), Program Community Base Tourism, dan Strategi Pengembangan Desa dengan pemateri Nunung Sulistiyanto, Ketua Kelompok Sadar Wisata Kampung Terih Batam.

“Hari terakhir pelatihan, peserta akan diajak praktik lapangan ke Pantai Bale-bale Nongsa,” ujarnya.

Pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata ini, menurut Adisty, menjadi pelatihan kedua yang digelar Disbudpar di tahun 2020. Sebelumnya juga telah diadakan Pelatihan Manajemen Homestay.

Ada delapan pelatihan yang kita agendakan tahun ini. Yaitu pelatihan manajemen homestay, manajemen tata kelola destinasi pariwisata, pemandu wisata ekowisata alam, pemandu wisata ecopark, pemandu wisata recreation atau theme park, pemandu wisata outbound, pemandu wisata kuliner dan belanja, serta pemandu wisata sejarah dan warisan budaya.

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata menyampaikan pelatihan ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai modal sektor kepariwisataan untuk meningkatkan kapasitas SDM pariwisata. Sehingga terwujud pelayanan yang baik dalam industri pariwisata di Kota Batam.

“Karena itu dilakukan berbagai pelatihan guna meningkatkan kapasitas SDM pariwisata untuk meningkatkan kualitas layanan di bidang kepariwisataan,” kata Ardi. ***
__________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.