Program Dinsos Bawa 125 KK Keluar dari Zona Keluarga Miskin

Kabar Baik dari Batam

Program Dinsos Bawa 125 KK Keluar dari Zona Keluarga Miskin

1 min read

DINAS Sosial (Dinsos) Kota Batam mendorong keluarga miskin untuk bangkit. Di antara warga miskin penerima bantuan pangan, kini sudah ada yang bangkit dan membuka usaha sendiri.

Mereka yang sudah keluar dari zona keluarga miskin, dibantu melalui usaha mandiri. Jumlah warga itu ada 125 kepala keluarga (KK).

Kepala Dinsos Kota Batam Hasyimah mengatakan, pihaknya mendorong keluarga miskin untuk bangkit melalui program penguatan usaha ekonomi masyarakat miskin.

Dengan program baru ini, mereka mendorong lebih banyak pelaku usaha mikro di Batam. Sehingga dapat mendorong lebih banyak pelaku usaha.

“Katanya, mereka tidak minta sembako lagi, karena ekonominya sudah lebih baik. Tapi mereka meminta bantuan modal untuk usaha mandiri, atau UMKM,” kata Hasyimah di Batam Centre, Rabu (4/3/2020).

Program tersebut, katanya, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun ekonomi masyarakat. “Jadi diperbanyak untuk UMKM. Jadi itu yang dibilang pak Jokowi, KUR dan dana mikro untuk usaha mandiri kita dorong,” katanya.

Sekretaris Dinsos Batam Leo Putra menambahkan, program yang dijalankan untuk usaha mandiri tersebut merupakan program graduasi.

“Jadi, orang di garis kemiskinan yang keluar dari kemiskinan, dibantu. Yang Batam, sudah 125 KK yang graduasi. Karena meningkat ekonominya, diberikan modal usaha,” kata Leo.

Sementara untuk program sembako, diakui tahun ini akan dikucurkan sekitar Rp150 ribu per KK. Namun karena kondisi saat ada ancaman virus Corona, maka disiapkan dana bantuan lebih besar.

“Untuk menyikapi Corona, mulai Maret sampai 6 bulan jadi naik bantuan sembako senilai Rp200 ribu. Ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat,” katanya. ***
________
Sumber: Koran Sindo Batam
Foto: Posmetro Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.