Mengenal Galang, Pulau yang Paling Banyak Diperbincangkan Saat Ini

Kabar Baik dari Batam

Mengenal Galang, Pulau yang Paling Banyak Diperbincangkan Saat Ini

1 min read

KECAMATAN Galang kini jadi perbincangan sejak pemerintah hendak menjadikan salah satu lokasi di sana sebagai rumah sakit khusus penanganan penyakit mewabah seperti virus corona.

Jauh sebelum ini, Galang sudah terkenal sampai ke luar negeri karena pernah dijadikan sebagai lokasi kamp pengungsi untuk orang-orang Vietnam yang lari dari negaranya akibat perang.

Dalam Batam dalam Angka 2020, Galang merupakan kecamatan dengan penduduk nomor dua paling sedikit setelah Bulang.

Jumlah penduduk Galang berdasarkan pendataan 2019 adalah 17.183 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata 1,03% per tahun.

Meski penduduknya sedikit, wilayah Galang cukup luas. Dan ternyata, lebih luas wilayah perairannya dibandingkan daratannya. Yakni 350,76 Km persegi daratan dan 1.667,72 Km persegi perairan.

Memiliki delapan kelurahan, yakni Pulau Abang, Karas, Sijantung, Sembulang, Rempang Cate, Subang Mas, Galang Baru, dan Air Raja, Galang memiliki puluhan pulau dan dilewati puluhan sungai.

Satu kelurahan memiliki banyak pulau, baik berpenghuni maupun tak ada penghuninya, Di Kelurahan Sijantung saja, misalnya. Hanya 3 pulau yang dihuni, 9 pulau lain tak berpenghuni.

Seperti pulau Penyabung, Anak Mati, Melur, Sebantal, Perantau, dan lainnya. DI kelurahan lain, kondisinya juga begitu. ***
===========
Sumber: BPS Batam, Buku Batam dalam Angka
Infografik: Tim Riset & Data KataBatam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *