Segera Dikerjakan, HMR Ingin Kemacetan di Tiga Simpang Ini Sirna, Warga pun Nyaman

Kabar Baik dari Batam

Segera Dikerjakan, HMR Ingin Kemacetan di Tiga Simpang Ini Sirna, Warga pun Nyaman

2 min read

WALIKOTA Batam/ Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), saat meninjau ke beberapa simpang rawan macet, Selasa (10/3/2020) sore. Tahun ini penataan dan pelebaran jalan di simpang tersebut segera dikerjakan.

SUDAH lama masyarakat Batam mengeluhkan kemacetan di beberapa simpang utama di kota ini: volume kendaraan meningkat, sementara jalan kurang lebar. Syukurlah, tahun ini dibenahi.

Untuk memastikan pengerjaan berupa pelebaran jalan tersebut, Walikota Batam/ Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), Selasa (10/3/2020) sore, meninjau langsung ke lokasi tersebut.

Ada tiga titik simpang yang ditinjau HMR didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Batam itu. Pertama, Simpang Batuampar, Simpang Barelang dan terakhir Simpang Basecamp.

“Tujuannya menyatukan perencanaan, pelaksanaan serta memetakan permasalahan pembangunan beberapa ruas jalan utama dan penataan simpang,” jelas Kepala Komunikasi dan Informatika Kota Batam Azril Apriansyah yang ikut mengiring Walikota.

PENINJAUAN DI BATUAMPAR
Diawali di kawasan Pelabuhan Batuampar. Di sini direncanakan penataan simpang dan pelebaran jalan dari Pelabuhan Batuampar menuju Sungaipanas (Jl. Yos Sudarso). Sumber dananya berasal dari BP Batam.

“Kita ingin lalu lintas lancar seiring dengan rencana perluasan Pelabuhan Batuampar yang akan segera dilakukan,” jelas HMR kepada wartawan.

Walikota yang kerap mendapat penghargaan ini ingin, jalur keluar masuk kendaraan dari dan ke pelabuhan lancar.

“Karena itu Simpang dan pintu masuk/gerbang ke Pelabuhan Batuampar akan ditata dan jalan akan diperlebar menjadi masing-masing empat lajur di kiri dan kanan,” jelasnya.

HMR juga meninjau kemungkinan adanya beberapa lokasi yang akan perlu ditata kembali dengan adanya pelebaran ini, misalnya kemungkinan perlunya pemindahan Kantor Polsek Batuampar.

PENINJAUAN DI SIMPANG BARELANG
Peninjauan selanjutnya adalah di Simpang Tembesi atau simpang Barelang.

Tahun ini penataan kawasan tersebut akan segera dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam.

Tak hanya ditata, simpang ini akan dipercantik dengan bundaran lengkap dengan air mancur.

Penataan tersebut dimaksudkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas seiring dengan semakin berkembangnya pembangunan di wilayah Batuaji dan Sagulung.

Di samping itu penataan juga dimaksudkan untuk menambah estetika kota, karena lokasi ini merupakan akses menuju lokasi wisata Barelang.

PENINJAUAN DI SIMPANG BASECAMP
HMR melanjutkan peninjauan ke Simpang Basecamp yang tahun ini juga akan ditata dan dibangun lengan jalan oleh Dinas BM-SDA Kota Batam.

Lengan jalan Simpang Base Camp akan dibuka untuk memperlancar lalu lintas dan mengatasi kemacetan di kawasan ini.

Sejak Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dibuka dan menjadi destinasi wisata religi, jumlah kunjungan ke kawasan ini semakin meningkat, sehingga sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Karena itulah simpang Basecamp akan ditata dan dibangun lengan jalannya. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.