4 Tahun HMR-HAM: Lompatan Besar untuk Kemajuan Batam

Kabar Baik dari Batam

 4 Tahun HMR-HAM: Lompatan Besar untuk Kemajuan Batam

2 min read

PEMBANGUNAN infrastruktur yang gencar dilakukan Pemerintah Kota Batam merupakan lompatan besar untuk kemajuan Batam dan pertumbuhan ekonominya.

Selama 4 tahun memimpin Batam, pasangan Walikota Batam H Muhammad Rudi- H Amsakar Achmad (HMR-HAM) terus bekerja keras membangun infrastruktur di berbagai sektor.

Pembangunan infrastruktur ini berkorelasi positif dengan perekonomian daerah. Ekonomi Batam yang sempat terpuruk di kisaran 2 persen di tahun 2017, kini mulai bangkit menuju angka 5 persen.

Selain itu, infrastruktur yang bagus akan mampu meningkatkan kualitas hidup, serta mendukung tumbuhnya pusat ekonomi dan meningkatkan mobilitas barang dan jasa, dengan infrastruktur yang bagus juga, akan menambah nilai plus Batam bagi para investor, baik dalam dan luar negeri.

Selain pembangunan infrastruktur di jantung kota, Pemko Batam melalui program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK), membangun ratusan kilometer jalan di lingkungan pemukiman warga. Belasan kilometer drainase perumahan juga diperbaiki.

PIK adalah program masterpiece dari pasangan Walikota dan Wakil Walikota Batam periode 2016-2021 tersebut. Pos anggaran untuk infrastruktur ini mencapai 30 persen dari APBD Kota Batam.

“Posting satu kelurahan Rp1 miliar di tahun pertama. Naik jadi Rp1,1 miliar, lalu Rp 1,3 miliar tambah Rp350 juta bantuan Pak Presiden Jokowi (DAU tambahan),” kata Walikota Batam H Muhammad Rudi.

Tahun 2020 ini dana PIK satu kelurahan senilai Rp 1,7 miliar, dan kalau masih ada program bantuan Rp 350 dari Presiden Jokowi, maka satu kelurahan bisa sampai Rp2 miliar.

Sehingga infrastruktur di tingkat kelurahan cepat terbangun. Dengan demikian, sudah tepatlah kiranya slogan “Batam Maju Menuju Tahun Emas 2020” disematkan di kota Batam.

Mengapa slogan “Batam Maju Menuju Tahun Emas 2025”, diambil? Sebab di tahun itulah pembangunan infrastruktur Kota Batam mencapai puncaknya. Mulai jalan raya, di kota hingga ke pulau-pulau, bahkan masuk ke pemukiman, sudah diselesaikan.

Semua ini terintegrasi dengan sistem transportasi massal, lengkap dengan jalur sepeda, pedestrian dan taman kota nan rindang.

Selain itu sistem tata ruang dan tata wilayah juga sudah jalan, sehingga laju investasi dan pelayanan masyarakat bisa segera ditangani. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.