Fokus 2021: Tata Delapan Titik Ruas Jalan, Tangani Banjir hingga Bangun Sekolah Baru

Kabar Baik dari Batam

Fokus 2021: Tata Delapan Titik Ruas Jalan, Tangani Banjir hingga Bangun Sekolah Baru

2 min read

WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi saat membuka Forum Perangkat Daerah di Aula Kantor Walikota Batam, Rabu (11/3/2020).

KEMANA arah pembangunan Batam 2021 mendatang? Ternyata peningkatan kapasitas jalan serta penanganan banjir masih menjadi prioritas rencana kerja Pemerintah Kota Batam.

Kepala Badan Perencanaan dan Penilitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Batam Wan Darussalam mengatakan, ada delapan titik jalan yang menjadi prioritas penataan.

Yaitu lanjutan pekerjaan di Jalan Laksamana Bintan hingga Bengkong Baru, atau dari Simpang Kuda Seipanas sampai ke Simpang Bengkong Seken.

Selanjutnya peningkatan jalan di samping Hotel Pacific Jodoh, pelebaran jalan Simpang Kabil-Simpang Masjid Raya, serta peningkatan jalan Simpang Jam-Simpang Indomobil.

Prioritas berikutnya yaitu pelebaran jalan dari SImpang Kepri Mall ke Simpang Panbil Mall, peningkatan jalan Simpang Global-Yos Sudarso-Simpang Seruni tahap II, penataan jalan Simpang Tiban Princess-Ciptaland Tiban Indah, serta peningkatan jalan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang.

“Untuk penanganan banjir, kita lakukan dengan pembangunan drainase,” kata Wan dalam Forum Perangkat Daerah di Aula Kantor Walikota Batam, Rabu (11/3/2020).

Program prioritas selanjutnya adalah pembangunan dan pemeliharaan rumah susun sederhana sewa (rusunawa), pembangunan unit sekolah baru, juga pembangunan puskesmas serta peningkatan puskesmas menjadi rumah sakit tipe D.

Sementara itu, Walikota Batam Muhammad Rudi berpesan, agar organisasi perangkat daerah (OPD) mengurangi kegiatan yang bersifat seremoni. Selain itu juga diminta untuk memperbanyak proyek padat karya.

“OPD tak usah lagi (banyak) seremoni. Anggarannya kita gunakan untuk padat karya. Supaya yang menganggur hari ini bisa dapat kerja. Karena tugas kita hari ini adalah membangun ekonomi,” ujarnya.

Walikota Terbaik Asia 2019 ini mengatakan, pada tahun 2021 mendatang, anggaran di Pemerintah Kota akan dipadukan dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Agar perencanaan berkesinambungan sehingga benar-benar tepat manfaat.

Untuk itu, ia berpesan kepada kepala OPD di Pemko Batam agar dapat melakukan koordinasi dengan direktur-direktur di BP Batam.

“Semua perencanaan pembangunan bisa jadi satu. Satu tujuannya itu adalah bagaimana rakyat Batam bisa menikmati kesejahteraan atas dua institusi ini. Untuk kemaslahatan masyarakat Kota Batam,” tutur suami Hj Marlin Agustina (HMA) yang juga menjabat sebagai Kepala BP Batam tersebut.

Sedangkan untuk kegiatan 2020 khususnya pembangunan fisik, HMR minta agar bisa segera dimulai bulan depan. Tujuannya agar roda perekonomian Batam tetap berputar di tengah sepinya kegiatan ekonomi akibat virus corona. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.