Rawan Kecelakaan, Dishub Ajukan Larangan Operasi Kendaraan Berat di Jam Sibuk

Kabar Baik dari Batam

Rawan Kecelakaan, Dishub Ajukan Larangan Operasi Kendaraan Berat di Jam Sibuk

1 min read
DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Batam mengajukan Peraturan Daerah (Perda) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) ke DPRD Batam.

Regulasi ini mengatur pembatasan jam operasional angkutan alat berat (truk kontainer dan sejenisnya) di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Batam.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Batam, Edward Purba mengatakan, Perda LLAJ ini sudah diusulkan ke DPRD Batam dan masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda) di DPRD Batam.

”Di dalam perda itu nanti akan mengatur sejumlah ketentuan. Termasuk pembatasan jam operasional angkutan alat berat,” kata Edward, kemarin.

Edward menegaskan, jam operasional angkutan berat nantinya diprioritaskan selain pada jam-jam sibuk, antara pukul 06.00 sampai 09.00 dan pukul 16.00 sampai pukul 19.00.

Guna mengatur ritme operasional ini pihaknya berencana akan segera memanggil transporter dan pihak perusahaan guna sekaligus sosialisasi.

”Artinya di dalam perda benar-benar kita atur. Jam sibuk, kendaraan berat dilarang beroperasi,” tegasnya.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPRD Kota Batam Muhammad Jefri Simanjuntak mengatakan, pembatasan jam operasional kendaraan berat di Batam perlu dilakukan.

Hal ini dilakukan guna mengatasi kemacetan pada jam-jam sibuk. Tak terkecuali sejumlah kecelakaan terjadi karena tidak adanya batasan jam operasional kendaraan ini.

”Kami minta jam operasional kendaraan berat ini dibatasi. Kita bisa lihat saat jam sibuk. Dari Batam Centre ke Batuaji saja bisa berjam-jam karena macet,” katanya. ***
_________
Sumber: Koran Sindo Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.