Waspada Hoax! Ingin Tahu Perkembangan Covid-19 di Batam, Hubungi 0812-7781-5333

Kabar Baik dari Batam

Waspada Hoax! Ingin Tahu Perkembangan Covid-19 di Batam, Hubungi 0812-7781-5333

2 min read
KALAU bisa Pak Walikota Batam secara live bicara tentang bagaimana Corona di Batam, karna situasi saat ini butuh itu.

Demikian saran warga melalui jejaring sosial. Wajar saja usulan semacam ini disampaikan dan sebenarnya juga sudah dilakukan.

Bahkan, Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) sudah sering mengeluarkan imbauan, surat edaran, hingga keputusan terkait penanganan Corona di Kota Batam.

Cuma memang, HMR memilih berhati-hati dalam menangani masalah ini. Bukan karena panik atau latah semata.

Buktinya, hari Minggu (15/3/2020) pagi tadi, HMR meminta Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, memimpin rapat koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah.

Hingga akhirnya, keluar semacam peraturan tentang Komunikasl Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVlD-19).

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia, tanggal 12 Maret 2020, tentang Komunikasi Penanganan Covid-19 dan Surat Edaran Walikota Batam tentang kewaspadaan Pneumonia Covid-19.

Disebutkan bahwa Pemerintah Kota Batam menghimbau kepada masyarakat agar dapat tetap tenang. waspada dan tidak menyebarkan informasi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya atau hoax terkait Covid-19.

Tidak melakukan aktivltas mengumpulkan orang banyak di dalam ruangan tertutup pada lingkungan kerja dan perkantoran.

Menghimbau kepada pengelola gedung, sekolah, kampus, rumah ibadah baik milik pemerintah ataupun swasta, beserta otoritas pelabuhan internasional dan domestik se-Kota Batam, Badan Usaha Bandara Hang Nadim, untuk membersihkan ruangan, lingkungan secara rutin.

“Khususnya, handle pintu, saklar lampu, keyboard komputer dan fasilitas lain yang sering disentuh oleh tangan,” jelas Jefridin.

Selanjutnya diminta gunakan petugas yang terampil menjalankan pernbersihan dan gunakan bahan pembersih yang sesuai untuk hal tersebut.

“Jangan lupa sediakan hand sanitizer di area strategis dan menghindari aktivitas kontak langsung (salaman/pelukan) pada salam pertemuan antar individu,” lanjut Jefridin.

Terakhir dia berpesan, agar informasi tentang situasi perkembangan COVID-19 di Kota Batam disampaikan secara resmi oleh pemerintah, dapat diakses melalui Hot Line: 0812-7781-5333.

Musuh terbesar kita saat ini bukanlah virus itu sendiri, namun ketakutan, hoax dan tudingan. Sementara aset terbesar kita adalah fakta dan solidaritas. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.